Umami, Nahdia (2020) Implementasi metode drill pada mata pelajaran al-qur`an hadits kelas v di MIS Kemasan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Al-qur’an Hadits merupakan mata pelajaran yang membutuhkan proses pembelajaran yang mumpuni dengan cara menggunakan metode pembelajaran yang baik. Metode pembelajaran merupakan kunci keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar dan metode tersebut adalah metode yang tepat dan efektif untuk mempermudah peserta didik dalam menerima dan memahami materi pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai dengan criteria tersebut dalam pelajaran Al-qur’an Hadits adalah metode drill. Rumusan masalah yang dikaji adalah 1) Bagaimana Implementasi Metode drill pada Mata Pelajaran Al-qur`an Hadits di MIS Kemasan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2019/2020. 2) Apa saja factor penghambat dan pendukung pada Implementasi Metode drill pada Mata Pelajaran Al-qur`an Hadits di MIS Kemasan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Impelentasi Metode drill pada Mata Pelajaran Al-qur’an Hadits Kelas V di MIS Kemasan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2019/2020 dan untuk mendeskripsikan factor pendukung dan penghambat Impelentasi Metode drill pada Mata Pelajaran Al-qur’an Hadits Kelas V di MIS Kemasan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2019/2020. Jeni penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang mana Penelitian lapangan bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis dalam kehidupan sehar-hari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik yang bertujuan untuk menggambarkan data tentang apa yang dilakukan dan menganalisis data tersebut. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Al-qur’an Hadits khususnya dengan menggunakanmetode drill di kelas V MIS Kemasan dapat mempermudah peserta didik memahami dan menghafal materi Al-qur’an Hadits dan pembelajaran Al-qur’an hadits di kelas V sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan kesesuian dengan prosedur pelaksanaan metode drill. Serta adanya respons peserta didik yang baik yaitu telihat antusias dalam mengikuti pembelajaran dan dilihat dari nilai peserta didik yang memuaskan yaitu rata-rata setiap siswa mendapatkan nilai 75 dan melebihi KKM yang telah ditentukan sebelumnya yaitu 70.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Metode Drill, Al-Qur’an Hadits | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2021 03:32 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2021 03:32 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1461 |
Actions (login required)
View Item |