IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KEPALA MADRASAH DALAM UPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MI NURUL HIKMAH GAPURA KECAMATAN WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG

Atika, Yeni Nanda (2025) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KEPALA MADRASAH DALAM UPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MI NURUL HIKMAH GAPURA KECAMATAN WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid.

[img] Text
2321132_Cover sd Bab I dan BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321132_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2321132_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Yeni Nanda Atika. 2025. Implementasi Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Membaca Al-Qur'an Di MI Nurul Hikmah Gapura Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Akhmad Afroni M.Pd. Kata Kunci: Kebijakan Kepala Madrasah, Pendidikan Karakter, Membaca Al-Qur'an. Krisis karakter di kalangan pelajar menjadi tantangan serius dalam dunia pendidikan. Lunturnya nilai religius, disiplin, dan tanggung jawab mencerminkan lemahnya pembinaan moral peserta didik. Sebagai solusi, pembiasaan membaca AlQur’an dinilai efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter tersebut. MI Nurul Hikmah Gapura menerapkan kebijakan pembiasaan membaca Al-Qur’an secara rutin sebagai bagian dari upaya pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kebijakan kepala madrasah dalam pengembangan karakter melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an, mencakup aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi kebijakan kepala madrasah dalam upaya pengembangan pendidikan karakter melalui pembiasaan membaca Al-Qur'an di MI Nurul Hikmah Gapura? (2) Bagaimana dampak kebijakan tersebut terhadap perkembangan pendidikan karakter siswa di MI Nurul Hikmah Gapura?. Tujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan bagaimana kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan pembiasaan membaca Al-Qur'an di MI Nurul Hikmah Gapura dan Mendeskripsikan dampak kebijakan tersebut terhadap perkembangan pendidikan karakter siswa di MI Nurul Hikmah Gapura. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa penelitian lapangan (filed research), dengan pendektan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer pada penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas II atau sumber data sekunder lainnya yang relevan dengan penelitian ini. Keabsahan data diambil dari triangulasi yaitu 1) Triangulasi sumber, 2) Triangulasi teknik dan 3) Triangulasi waktu. Oleh karena itu, dalam analisis data peneliti menggunakan tiga langkah utama yaitu: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kebijakan pembiasaan membaca Al-Qur’an oleh kepala madrasah dilaksanakan secara terencana, terstruktur, dan konsisten. Kebijakan ini melibatkan seluruh elemen sekolah dan didukung oleh kepemimpinan yang mendorong terciptanya iklim religius. Program ini memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter peserta didik, khususnya dalam aspek religius, disiplin, dan tanggung jawab. Pembiasaan ini menumbuhkan budaya sekolah yang mendukung penguatan karakter spiritual dan moral secara berkelanjutan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfroni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Kepala Madrasah, Pendidikan Karakter, Membaca Al-Qur'an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Jul 2025 07:59
Last Modified: 17 Jul 2025 07:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14614

Actions (login required)

View Item View Item