IMPLEMENTASI PROGRAM SEBELAS BERSIH DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS IV MIS NU AL–UTSMANI KAJEN PEKALONGAN

Janah, Nurul (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM SEBELAS BERSIH DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS IV MIS NU AL–UTSMANI KAJEN PEKALONGAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid.

[img] Text
2321077_Cover sd Bab I dan Bab V.pdf

Download (807kB)
[img] Text
2321077_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2321077_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Janah, Nurul, 2025, Implementasi Program Sebelas Bersih Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV MIS NU Al-Utsmani Kajen Pekalongan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan, Dosen Pembimbing: H. Mohamad Yasin Abidin, M.Pd. Kata kunci: Program Sebelas Bersih, Karakter Peduli Lingkungan Karakter peduli lingkungan merupakan sikap menjaga dan memperbaiki lingkungan yang rusak, dapat ditanamkan sejak jenjang sekolah dasar. Seperti halnya di MIS NU Al-Utsmani kajen telah menerapkan program sebelas bersih sebagai bagian dari pembentukan karakter siswa, seperti mulai terbiasa membuang sampah pada tempatnya, merawat tanaman, serta aktif dalam jadwal piket kelas, khususnya dalam hal kepedulian terhadap lingkungan sekolah. Namun, realitas dilapangan menunjukkan bahwa masih ditemukan perilaku siswa kelas VI di MIS NU Al-Utsmani Kajen belum sepenuhnya mencerminkan perilaku karakter peduli terhadap lingkungan. Oleh karena itu, implementasi Program “Sebelas Bersih” menjadi pondasi yang harus dilaksanakan secara terstruktur dan berkelanjutan guna membentuk karakter peduli lingkungan secara lebih konsisten. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana implementasi program sebelas bersih dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa kelas IV MIS NU Al-Utsmani Kajen Pekalongan? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pada implementasi program sebelas bersih dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa kelas IVMIS NU Al-Utsmani Kajen Pekalongan? Sedangkan Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi program sebelas bersih dalam membentuk karakter peduli lingkungan MIS NU Al- Utsmani Kajen Pekalongan serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari kepala sekolah, wali kelas dan siswa kelas VI, penjaga sekolah, sedangkan data sekunder bersumber dari penelitian yang relevan. Keabsahan data, yang digunakan teknik triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Proses analisis data mencakup tahap reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi program sebelas bersih telah berjalan dengan baik dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa. Program ini terlaksana secara terstruktur melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta didukung oleh semua pihak di madrasah, mulai dari kepala sekolah, guru, penjaga kebersihan, hingga siswa., Faktor pendukung diantaranya kualitas tenaga pengajar, motivasi siswa dan Peran guru, orang tua, masyarakat, Faktor penghambat faktor alam, sarana prasarana, dan kurangnya ketertiban.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, Mohammad YasinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Program Sebelas Bersih, Karakter Peduli Lingkungan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Jul 2025 07:53
Last Modified: 17 Jul 2025 07:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14624

Actions (login required)

View Item View Item