Al Chariz, Ahmad Khotib (2025) Perbandingan Efektivitas Metode Jarimatika Dan Metode Tikrar Dalam Menguatkan Hafalan Surat-Surat Pendek Santri Di Tpq Al Islah Windurojo. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121116_COVER_BAB I BAB V.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
2121116_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
![]() |
Text
2121116_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi disparitas tingkat efektivitas antara pendekatan mnemonik-kinestetik Jarimatika dan teknik repetitif-verbal Tikrar dalam mengintensifkan retensi hafalan surat-surat pendek Al-Qur’an pada peserta didik TPQ Al Islah Windurojo. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh kebutuhan akan metode hafalan yang lebih efektif dan menyenangkan bagi anak usia TPQ, mengingat keterbatasan metode konvensional yang selama ini digunakan. Metode Jarimatika merupakan pendekatan yang melibatkan visualisasi dan gerakan jari untuk memperkuat memori, sedangkan metode Tikrar mengandalkan pengulangan ayat secara verbal dan intensif. Kajian ini menerapkan paradigma kuantitatif dengan rancangan quasi-eksperimental sebagai kerangka metodologis. Unit sampel ditentukan melalui prosedur cluster random sampling yang diterapkan pada dua kelompok kelas sebagai representasi populasi penelitian, diambil dari tingkat wustho, masing-masing 19 santri yang menggunakan metode Jarimatika dan 19 santri yang menggunakan metode Tikrar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hafalan, yang mencakup aspek kelancaran, tajwid, dan fashahah. Prosedur analitik data dilaksanakan melalui penerapan uji Independent Sample T-Test dengan memanfaatkan software Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 30 sebagai instrumen pengolahan statistik inferensial. Temuan analitis mengindikasikan tingkat signifikansi sebesar 0,007 (p < 0,05), yang merefleksikan eksistensi perbedaan yang bermakna secara statistik antara capaian hafalan kelompok yang memperoleh intervensi metode Jarimatika dan kelompok yang menggunakan pendekatan Tikrar. Kelompok yang dibimbing dengan pendekatan Jarimatika menunjukkan rerata skor yang lebih superior, mengindikasikan bahwa metode tersebut memiliki tingkat efikasi yang lebih tinggi dalam mengkonstruksi dan mempertahankan ingatan terhadap surat-surat pendek Al-Qur’an pada peserta didik TPQ. Temuan ini didukung oleh teori pembelajaran multisensorik dan hasil-hasil penelitian terdahulu yang menunjukkan keunggulan metode yang melibatkan lebih dari satu jalur kognitif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Hafalan Al-Qur’an, Metode Jarimatika, Metode Tikrar, TPQ, Efektivitas | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:47 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 06:47 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |