Rosidah, I'anatur (2020) Problematika pembelajaran tematik kelas 1 pada masa pandemi covid-19 di SDN Pretek 01 Pecalungan Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berawal dari adanya Surat Edaran Keputusan bersama 4 Menteri RI Nomor.01/KB/2020, Nomor.516 Tahun2020, Nomor.HK.03.01/Menkes/363/2020, Nomor.440-882 Tahun2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19. Yang menyatakan bahwa sekolah boleh melaksanakan proses pembelajaran di sekolah dengan beberapa ketentuan. SDN Pretek 01 Pecalungan Batang melaksanakan proses pembelajaran di sekolah. tentunya terdapat beberapa problematika pembelajaran Tematik kelas 1 dimana pembelajaran usia anak kelas 1 masih bergantung kepada objek-objek konkrit dan pengalaman yang dialami secara langsung. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah: (1) Apa saja problematika pembelajaran tematik kelas 1 pada masa pandemi covid-19 di SDN Pretek 01 Pecalungan Batang? (2) Upaya apa saja yang dilakukan oleh guru kelas 1 dalam mengatasi problematika pembelajaran tematik pada masa pandemicovid-19 di SDN Pretek 01 Pecalungan Batang? Tujuan dari peneliti adalah mengetahui problematika pembelajaran tematik dan upaya apa saja yang dilakukan guru kelas 1 dalam mengatasi prblematika pembelajaran tematik pada masa pendemi covid-19 di SDN Pretek 01 Pecalungan Batang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dilakukan terhadap data yang berupa informasi, uraian dalam bentuk prosa kemudian dikaitkan dengan data lainnya untuk mendapatkan kejelasan terhadap suatu kebenaran, sehingga memperoleh gambaran baru ataupun menguatkan suatu gambaran yang sudah ada. Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa (1) Problematika pembelajaran tematik kelas 1 pada masa pandemi covid-19di SDN Pretek 01 Pecalunngan Batang terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Dari faktor internal yaitu: (a)Sikap Belajar,(b)Motivasi Belajar,(c)Konsentrasi Belajar. Dari faktor Eksternal yaitu:(a) Sarana pembelajaran(b) Faktor Lingkungan (c) Pendidikan orang tua yang rendah (d) Kesibukan orang (2) Upaya guru yaitu guru mengikuti pelatihan berbasis online, memanfaatkan media internet dalam pembelajaran, menerapkan model daring dan model tatap muka, menciptakan keterampilan dan sejenisnya ketika belajar di rumah, memberikan informasi secara langsum kepada orang tua yang tidak mempunyai gadged/ akses internet yang buruk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Pembelajaran Tematik dan Pandemi Covid-19 | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2021 07:09 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2021 07:09 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1471 |
Actions (login required)
View Item |