Budianti, Tesya Arie (2025) Implementasi ekstrakurikuler marching band dalam membentuk kecerdasan kinestetik siswa di MIS Mambaul Huda Gumawang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2321127_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (860kB) |
|
|
Text
2321127_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
2321127_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan potensi siswa secara menyeluruh, termasuk aspek kecerdasan kinestetik. Salah satu media strategis untuk membentuk kecerdasan tersebut adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat fisik dan musikal, seperti marching band. Marching band dinilai efektif dalam mengasah koordinasi tubuh, ketangkasan, dan keterampilan motorik yang merupakan bagian dari kecerdasan kinestetik siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Manba’ul Huda Gumawang, yang menjadi sasaran penelitian adalah pengelola dan anggota marching band MIS Manva’ul Huda Gumawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk menganalisis implementasi ekstrakurikuler marching band sebagai sarana pembentukan kecerdasan kinestetik siswa di MIS Manba’ul Huda Gumawang dan untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan ekstrakurikuler marching band sebagai sarana pembentukan kecerdasan kinestetik siswa di MIS Manba’ul Huda Gumawang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap kepala madrasah, pembina marching band, serta peserta didik yang mengikuti kegiatan tersebut. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kegiatan ekstrakurikuler marching band di MIS Manba’ul Huda Gumawang dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan latihan mencakup pengenalan alat musik, latihan barisberbaris, pembentukan formasi, serta penguatan teknik bermain musik yang disesuaikan dengan irama dan gerakan. (2) Faktor pendukung dalam kegiatan ini antara lain antusiasme siswa, dukungan sekolah dan orang tua, serta keterlibatan aktif pelatih. (3) Adapun faktor penghambatnya meliputi keterbatasan sarana prasarana, tidak tersedianya ruang latihan khusus, dan berbenturnya jadwal latihan dengan kegiatan lain seperti mengaji. Meskipun demikian, kegiatan marching band terbukti mampu membentuk kecerdasan kinestetik siswa secara efektif melalui latihan yang terstruktur dan menyenangkan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Marching band, kecerdasan kinestetik, ekstrakurikuler | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 03:48 | ||||||||
| Last Modified: | 20 Oct 2025 08:18 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14727 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
