AL ARIFAH, NUNING (2025) Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan, Dan Halal Lifestyle Terhadap Minat Pengguna Fitur Shopee Barokah (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Di Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4221105_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4221105_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
4221105_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital di Indonesia telah membawa perubahan besar di berbagai sektor kehidupan, termasuk di bidang perdagangan elektronik (e-commerce). Salah satu platform e-commerce yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah Shopee yang kini menghadirkan fitur Shopee Barokah sebagai inovasi layanan yang berbasis pada prinsip syariah. Shopee Barokah menawarkan kemudahan dalam bertransaksi, rasa aman dan percaya terhadap sistem yang digunakan, serta mendukung gaya hidup halal masyarakat modern. Namun, belum diketahui secara pasti faktor-faktor yang memengaruhi minat pengguna dalam menggunakan fitur ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan, kepercayaan, dan halal lifestyle terhadap minat pengguna dalam menggunakan fitur Shopee Barokah, khususnya pada masyarakat di Kabupaten Pekalongan yang dikenal memiliki budaya religius yang kuat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden yang merupakan pengguna Shopee di Kabupaten Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda melalui bantuan aplikasi SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan dan kepercayaan masing-masing berpengaruh positif terhadap minat pengguna sedangkan gaya hidup halal tidak berpengaruh terhadap minat pengguna. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap minat pengguna terhadap fitur Shopee Barokah
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemudahan, Kepercayaan, Halal Lifestyle, Minat Pengguna, Shopee, fitur Shopee dan Fitur Shopee Barokah. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 03:01 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 03:01 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14739 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |