Pengaruh Influencer, Islamic Branding, Dan Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Muslim (Studi Konsumen Pengguna Tiktok Shop Di Kota Pekalongan)

Arifatul, Aini (2025) Pengaruh Influencer, Islamic Branding, Dan Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Muslim (Studi Konsumen Pengguna Tiktok Shop Di Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4121170_Cover_BAB I dan BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4121170_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
4121170_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penggunaan TikTok Shop di Indonesia menempati peringkat kedua di dunia dengan Nilai Barang Bruto (GMV) sebesar US$6,198 juta, menjadikannya pasar TikTok Shop terbesar di Asia Tenggara. Indonesia memiliki jumlah penduduk Muslim terbanyak di dunia sebanyak 240.62 juta jiwa, karena itu Indonesia merupakan pasar yang cukup besar dan terus berkembang untuk produk fashion muslim. Influencer memiliki peran yang cukup besar dalam pemilihan produk fashion yang dibeli di TikTok Shop, produk fashion muslim dengan Islamic branding yang kuat dapat membangun loyalitas dan kepercayaan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Serta konsumen cenderung mengikuti trend terbaru untuk tetap terlihat stylish namun tetap sesuai dengan prinsip-prinsip Islami. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial influencer berpengaruh positif dam signifikan terhadap keputusan pembelian dengan t hitung > t tabel (4,852 > 1,984) dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Islamic branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan t hitung > t tabel (9,948 > 1,984) dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Trend fashion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan t hitung > t tabel (3,263 > 1,984) dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. dan secara simultan influencer, Islamic branding, dan trend fashion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion muslim pengguna TikTok Shop di Kota Pekalongan dengan nilai F hitung > F tabel (85,072 > 2,47) dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetiawan, Singgih199309182020121014UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Influencer, Islamic Branding, Trend Fashion, Keputusan Pembelian, TikTok Shop
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:50
Last Modified: 21 Jul 2025 02:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14765

Actions (login required)

View Item View Item