Implementasi Metode Tanya Jawab Dalam Pembelajaran Mahārah Kalām Siswa Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Pemalang

Nada, Anggi Qotrun (2025) Implementasi Metode Tanya Jawab Dalam Pembelajaran Mahārah Kalām Siswa Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221082_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2221082_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2221082_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kendala dalam memilih metode pembelajaran yang tepat untuk mendukung pembelajaran bahasa Arab, karena metode pembelajaran merupakan faktor kunci dalam keberhasilan proses belajar. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam metode pembelajaran, salah satunya dengan penerapan metode tanya jawab untuk meningkatkan mahārah kalām dalam pembelajaran bahasa Arab. Rumusan masalah serta tujuan pada penelitian ini adalah Bagaimana implementasi metode tanya jawab dalam pembelajaran mahārah kalām siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Pemalang. Bagaimana kendala yang dihadapi dan solusi dari kendala yang dihadapi dalam implementasi metode tanya jawab dalam pembelajaran mahārah kalām siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Pemalang.Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode tanya jawab dalam pembelajaran mahārah kalām siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Pemalang. Mengetahui kendala yang dihadapi dan mengetahui solusi dari kendala yang dihadapi dalam implementasi metode tanya jawab dalam pembelajaran mahārah kalām siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode tanya jawab dalam pembelajaran mahārah kalām sudah berjalan dengan baik, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun kendalnya terbagi menjadi 2, yaitu: faktor internal seperti latar belakang siswa berbedabeda,keterbatasan waktu, serta faktor eksternal seperti rendahnya minat belajar siswa, keterbatasan media pembelajaran. Solusi dari kendala yang dihadapi dalam implementasi metode tanya jawab dalam pembelajaran mahārah kalām terbagi menjadi 2, faktor internal yaitu guru memberikan perhatian lebih kepada siswa dengan latar belakang yang berbeda, memanfaatkan waktu sebaik mungkin dalam pembelajaran. Faktor eksternal yaitu mendorong minat belajar siswa melalui motivasi, menggunakan media alternatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Tanya Jawab , Mahārah Kalām
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2025 01:26
Last Modified: 18 Jul 2025 01:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14795

Actions (login required)

View Item View Item