Fitriyani, Mega (2025) Implementasi Program Pendidikan Inklusi Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Peserta Didik Di Mi Salafiyah Karanganyar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2318212_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2318212_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
2318212_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Fitriyani, Mega. 2025. “Implementasi Program Pendidikan Inklusi dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Peserta Didik di MI Salafiyah Karanganyar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Pembimbing Fatmawati Nur Hasanah, M. Pd. Pendidikan inklusi merupakan salah satu pendekatan dalam dunia pendidikan yang bertujuan memberikan kesempatan belajar yang setara bagi seluruh peserta didik, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, dengan harapan dapat menciptakan lingkungan sekolah yang ramah, terbuka, dan menghargai perbedaan. MI Salafiyah Karanganyar sebagai salah satu lembaga pendidikan dasar di Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, telah mengadopsi program pendidikan inklusi untuk menciptakan iklim pendidikan yang lebih inklusif dan menumbuhkan sikap toleransi di kalangan peserta didiknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mekanisme, bentuk kegiatan, serta hasil implementasi program pendidikan inklusi dalam menumbuhkan sikap toleransi peserta didik di MI Salafiyah Karanganyar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan inklusi serta mengetahui sejauh mana program tersebut dapat menumbuhkan sikap toleransi di antara peserta didik, khususnya dalam hal menerima perbedaan, saling menghargai, dan berinteraksi sosial dengan teman yang memiliki latar belakang atau kondisi berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung di lingkungan sekolah, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan peserta didik, serta dokumentasi dari kegiatan-kegiatan inklusi yang dilaksanakan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan model analisis Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan inklusi di MI Salafiyah Karanganyar dilakukan melalui integrasi siswa berkebutuhan khusus ke dalam kelas reguler, serta penguatan nilai-nilai karakter dan toleransi melalui kegiatan pembiasaan, seperti kegiatan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Inklusi, Toleransi. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 08:41 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 08:41 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |