Implementasi Program Penguatan Kemampuan Berbahasa Arab Pada Santri International Muhammadiyah Boarding School Miftahul Ulum Pekajangan

Muflikhati, Fini Alfi (2025) Implementasi Program Penguatan Kemampuan Berbahasa Arab Pada Santri International Muhammadiyah Boarding School Miftahul Ulum Pekajangan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221069_C0VER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (852kB)
[img] Text
2221069_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2221069_LAMPIRANpdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Muflikhati, Fini Alfi. 2025. “Program Penguatan Kemampuan Berbahasa Arab Pada Santri International Muhammadiyah Boarding School Miftahul Ulum Pekajangan”. Skrpsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. FTIK UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Moh. Nurul Huda, M.Pd.I Bahasa Arab merupakan salah satu aspek penting yang diajarkan di pesantren, terutama di Internasional Muhammadiyah Boarding School Miftahul Ulum Pekajangan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh prestasi dan nilai ulangan pelajaran bahasa Arab santriwati yang mendapat rata-rata diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Peneliti tertarik dengan program-program penguatan kemampuan berbahasa Arab yang diterapkan kepada santriwati di Internasional Muhammadiyah Boarding School Miftahul Ulum Pekajangan. Penelitian ini untuk mengetahui rumusan masalah: 1) bagaimana program penguatan kemampuan berbahasa Arab pada santri Internasional Muhammadiyah Boarding School Miftahul Ulum Pekajangan? Dan 2) bagaimana kendala program penguatan kemampuan berbahasa Arab Internasional Muhammadiyah Boarding School Miftahul Ulum Pekajangan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program penguatan bahasa Arab pada santriwati serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam proses pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu pembimbing, pengurus, dan santriwati, sedangkan data sekunder yaitu data pondok, buku, jurnal, maupun peelitian yang serupa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa program penguatan kemampuan berbahasa Arab pada santriwati di Internassional Muhammadiyah Boarding School Miftahul Ulum terdiri dari berbagai kegiatan seperti i’lan, mukhādaṡah, muḥāḍarah, , i‘ṭā’ al-mufradāt, pemberian iqab, dan perlombaan bahasa seperti Drama Contest dan Miss Language (Amīrat al-Lughah). program ini bertujuan membentuk lingkungan bahasa yang aktif dan komunikatif guna meningkatkan keterampilan bahasa para santriwati. Namun dalam pelaksanaanya ditemukan beberapa kendala seperti kurangnya penguasaan kosakata, lemahnya pemahaman struktur bahasa, perbedaan latar belakang Pendidikan, rendahnya motivasi dan minat santriwati, serta kedisiplanan sebagian santriwati. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa program penguatan kemampuan berbahasa Arab memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kemampuan berbahasa santriwati, akan tetapi program ini butuh bimbingan yang intensif dan dukungan lingkungan yang konsiste

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, Moh. NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penguatan bahasa Arab, santriwati, kemampuan berbahasa, keterampilan bahasa.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:11
Last Modified: 18 Jul 2025 03:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14846

Actions (login required)

View Item View Item