Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MA Nahdlatul Ulama Batang

Sari, Ayu Kristina (2025) Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MA Nahdlatul Ulama Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2618068_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (835kB)
[img] Text
2618068_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2618068_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Kemandirian belajar merupakan salah satu faktor internal yang berperan penting dalam pencapaian hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran matematika. Meskipun matematika memiliki peran strategis dalam pengembangan pola pikir logis dan pemecahan masalah, hasil belajar siswa di bidang ini masih rendah. Berdasarkan observasi awal di MA Nahdlatul Ulama Batang, ditemukan bahwa banyak siswa menunjukkan tingkat kemandirian belajar yang rendah, yang diduga menjadi salah satu penyebab kurang optimalnya hasil belajar matematika. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut maka dikemukakan rumusan masalah sebagai berikut: Apakah ada pengaruh antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas XI MA Nahdlatul Ulama Batang? dan Seberapa besar pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas XI MA Nahdlatul Ulama Batang?. Tujuan dari penelitian ini yaitu Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas XI MA Nahdlatul Ulama Batang dan Mengetahui seberapa besar pengaruh antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas XI MA Nahdlatul Ulama Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex post facto dan teknik analisis regresi linier sederhana. Sampel penelitian berjumlah 35 siswa, yang diambil dengan teknik sampling jenuh karena jumlah populasi yang relatif kecil. Instrumen yang digunakan meliputi angket kemandirian belajar dan dokumentasi nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) sebagai indikator hasil belajar. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan hubungan antara variabel bebas dan terikat bersifat linear. Hasil uji regresi menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Koefisien

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIskarim, MochamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Matematika
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2025 06:22
Last Modified: 18 Jul 2025 06:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14852

Actions (login required)

View Item View Item