Pengaruh Model Pembelajaran Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Al Manshuriyah Kabupaten Pemalang

Basri, Rezal Abdul (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Al Manshuriyah Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2618073_COVER_BAB 1 DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2618073_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2618073_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP AlManshuriyah Pemalang menjadi perhatian serius, terutama pada materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel (SPLSV). Hal ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang mampu mendorong keaktifan dan pemahaman siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, dirumuskan tiga pertanyaan penelitian: (1) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Al-Manshuriyah Pemalang? (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran Lesson Study terhadap hasil belajar matematika siswa? (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Lesson Study terhadap hasil belajar matematika siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretestposttest control group design, di mana kelas VII B sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model Lesson Study, sedangkan kelas VII A sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data meliputi tes (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata hasil posttest kelas eksperimen adalah 78,95 lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang hanya mencapai 66,59.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lesson Study, Hasil Belajar, Matematika, Quasi Eksperimen, SMP Al-Manshuriyah
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:36
Last Modified: 18 Jul 2025 07:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15023

Actions (login required)

View Item View Item