Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) Berbasis Game Edukasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII

Aeni, Anisatul (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) Berbasis Game Edukasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621058_COVER dan BAB 1 & 5.pdf

Download (806kB)
[img] Text
2621058_full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2621058_Lampiran(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Hasil belajar merupakan indikator ketercapaian tujuan pembelajaran yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Berdasarkan wawancara dengan guru di SMPN 1 Karangdadap menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII masih tergolong rendah, dengan nilai rata-rata di bawah KKM. Alternatif yang dapat dilakukan untuk menangani rendahnya hasil belajar siswa adalah dengan mengimplementasikan model atau media pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan kognitif siswa. Means-Ends Analysis (MEA) dipercaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui berbagai kegiatan. Beragam media yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika seperti perangkat lunak Wordwall. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini: 1) bagaimana penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) yang berbasis game edukasi Wordwall pada kelas VIII di SMPN 01 Karangdadap dan 2) apakah terdapat pengaruh signifikan dari model pembelajaran MEA berbasis game edukasi Wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) yang berbasis game edukasi Wordwall di kelas VIII SMPN 01 Karangdadap dan 2) mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) berbasis game edukasi Wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 01 Karangdadap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode desain eksperimen semu (quasi experimental design) tipe nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Karangdadap yang berjumlah 192 siswa. Dalam penelitian ini, sampel terdiri dari 52 siswa, yang terbagi menjadi dua kelompok yakni kelas eksperimen yang mencakup 28 siswa dan kelas kontrol yang terdiri dari 24 siswa. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: 1) uji validitas persamaan product moment, 2) uji reliabilitas metode Cronbach’s Alpha, 3) uji normalitas Kolmogrov Smirnov Test, 4) uji homogenitas Levene, dan 5) uji hipotesis Independent Sample t-test. Hasil dari penelitian mengungkapkan: 1) Berdasarkan observasi, pelaksanaan penerapan Means-Ends Analysis (MEA) berbasis game edukasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Karangdadap menunjukkan kinerja yang sangat baik. 2) Hasil pretest kelas eksperimen menunjukkan rata-rata 75,43 sedangkan hasil posttest kelas eksperimen memiliki rata-rata 88,93 ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII setelah diberikan treatment MEA berbasis game edukasi Wordwall. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) berbasis game edukasi wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Karangdadap.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDNugroho, Dicky AnggriawanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Means-Ends Analysis, Game Edukasi, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: Vinata Ika Puspita
Date Deposited: 18 Jul 2025 09:12
Last Modified: 18 Jul 2025 09:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15028

Actions (login required)

View Item View Item