Aurora Megantari, Nadia Kartika (2020) Upaya mengembangkan sosial emosional anak usia dini melalui metode bercerita dengamedia boneka jari di tk tunas harapan Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Sosial adalah hal-hal yang berkenaan dengan masyarakat atau sifat-sifat kemasyarakatan yang memperhatikan kepentingan umum atau sesuatu yang dapat dicapai, dihasilkan serta ditetapkan dalam proses interaksi sehari-hari antara warga satu dengan warga lainnya.SecaraemosionalPendidikananakUsiaDinijugadapatdiartikansuatubentukpenyelenggaraan pendidikan yang memberatkan pada peletak dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan, baik koordinasi motorik (halus dan kasar), kecerdasan emosi,kecerdasan jamak (multiple intelligences), maupun kecerdasan spiritual, sesuai dengan keunikandan pertumbuhan Anak Usia Dini. Adapun rumusan masalah 1) Bagaimana perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini pada tahap Prasiklus di TK Tunas Harapan. 2) Apakah Metode Bercerita dengan menggunakan Media Boneka Jari dapat mengembangkan Sosial Emoisonal Anak Usia Dini. Tujuan Penelitiann adalah 1) Untuk mengetahui Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini pada tahap Prasiklus di TK Tunas Harapan. 2) Untuk mengetahui penggunaan Metode Bercerita dengan media boneka jari dapat mengembangkan Sosial Anak Usia Dini di TK Tunas Harapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK (classroom action research). PTK adalah suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki atau meningkatkan praktik-praktik pembelajaran dikelas secara profesional. PTK yang bersifat kolaboratif memudahkan peneliti melakukan penelitian di TK Tunas Harapan Batang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Metode Bercerita dengan menggunakan Boneka Jari yang bertujuan untuk mengembangkan Sosial Emosional bahwa rata-rata anak dalam satu kelas yaitu 78%, diatas tolak ukur yang disepakati peneliti dengan pihak sekolah yaitu 75%. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada Prasiklus yang rata-rata pencapaian kelas bernilai 48% meningkat pada Siklus I yang rata-rata pencapaian kelas bernilai 67%, ditambah lagi dengan adanya peningkatan pada Siklus II dimana rata-rata pencapaian kelas bernilai 78%. Jadi metode bercerita terbukti dapat mengembangkan sosial emosional pada Anak Usia Dini tahun pelajaran 2019/2020 dengan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Bercerita, Sosial Emosional | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jun 2021 01:25 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jun 2021 01:25 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1503 |
Actions (login required)
View Item |