Zulfa, Ana Laelatu (2025) Peran Guru Pembina dalam Membentuk Karakter Religius dan Disiplin Siswa melalui Ekstrakurikuler Pencak Silat Pagar Nusa di MIS NU Al- Utsmani Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalobgan.
![]() |
Text
ANA LAILATU ZULFA_23221119_COVER_BAB 1_BAB V.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
ANA LAILATU ZULFA_23221119_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
![]() |
Text
ANA LAILATU ZULFA_23221119_LAMPIRAN _DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Pendidikan karakter, khususnya karakter religius dan disiplin, sangat penting dalam membentuk generasi yang bermoral. Namun, masih banyak siswa yang menunjukkan perilaku menyimpang, seperti kurang disiplin dan rendahnya kesadaran beribadah. Kondisi ini menunjukkan adanya permasalahan mendasar dalam pembentukan karakter siswa, yang belum sepenuhnya teratasi melalui pembelajaran intrakurikuler saja. Ekstrakurikuler pencak silat pagar nusa di MIS NU al-Utsmani Kajen tidak hanya melatih fisik saja namun bisa juga menjadi salah satu media alternatif yang terbukti mampu membentuk karakter religius dan disiplin siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru dalam membentuk karakter religius dan disiplin siswa melalui ekstrakurikuler pencak silat pagar nusa di MIS NU al- Utsmani Kajen (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler pencak silat pagar nusa dalam membentuk karakter religius dan disiplin siswa di MIS NU al- Utsmani Kajen. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler ini tidak hanya menjadi sarana pengembangan minat dan bakat dalam bidang bela diri, tetapi juga efektif sebagai media pembinaan karakter siswa. Peran guru pembina sangat sentral dan mencakup beberapa segi: sebagai pengajar yang membentuk karakter religius dan disiplin melalui penguasaan materi, sebagai pembimbing yang mendampingi siswa secara emosional dan moral, serta sebagai administrator yang mendukung kedisiplinan dan kelancaran kegiatan. Selain itu, guru juga berperan sebagai pengembang kurikulum yang responsif, pengembang profesi yang aktif meningkatkan kompetensi, dan pembina hubungan sosial di lingkungan madrasah. Namun, keterlibatan guru dalam membangun hubungan eksternal dengan masyarakat masih perlu ditingkatkan. Temuan ini menegaskan pentingnya peran strategis guru dalam pembentukan karakter religius dan disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di lingkungan madrasah. Ditemukan juga adanya faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan ekstrakurikuler ini. Adapun faktor pendukung dalam ekstrakurikuler ini diantaranya pemenuhan sarana, alat-alat yang cukup memadai, guru dan pelatih yang professional, viii dukungan dari pihak madrasah baik secara material maupun non material. Sedangkan faktor penghambat diantaranya adanya jadwal yang bersamaan dengan ekstrakurikuler lain, minat semangat dan kesungguhan siswa yang naik turun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran guru, Ekstrakurikuler Pencak Silat, Karakter Religius dan disiplin | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 08:51 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 08:51 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15048 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |