Implementasi Metode Sas (Struktur Analitik Sintetik) Menggunakan Kartu Huruf Dalam Pembelajaran Menulis Kelas 1 Di Sdn 01 Mejasem Siwalan

Maesani, Novia (2025) Implementasi Metode Sas (Struktur Analitik Sintetik) Menggunakan Kartu Huruf Dalam Pembelajaran Menulis Kelas 1 Di Sdn 01 Mejasem Siwalan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321007_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321007_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2321007_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Maesani, Novia, 2025. Implementasi Metode SAS Menggunakan Kartu Huruf dalam Pembelajaran Menulis Siswa Kelas 1 Di SDN 01 Mejasem Siwalan. Kata Kunci: Metode SAS, Kartu Huruf, Pembelajaran Menulis, Kelas 1 SD. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krusialnya pengasaan kemampuan membaca dan menuis pada siswa kelas 1 sebagai pondasi awal, yang sangat menentukan keberhasilan pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu, pemilihan metode pembelajaran yang efektif menjadi sangat penting. Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS), khususnya dengan pemanfaatan kartu huruf, diyakini memiliki potensi signifikan untuk secara sistematis mengembangkan keterampilan menuis dasar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsian perencanaan, pelaksanaan dan menganalisis evaluasi implementasi metode SAS menggunakan kartu huruf dalam pembelajaran menulis di kelas 1 SDN 01 Mejasem Siwalan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perecanaan implementasi metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) menggunakan kartu huruf dalam pemelajaran menulis kelas 1 di SDN 01 Mejasem. 2) Bagaimana pelaksanaan implementasi metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) menggunakan kartu huruf dalam pemelajaran menulis kelas 1 di SDN 01 Mejasem.3) Bagaimana Evaluasi implementasi metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) menggunakan kartu huruf dalam pemelajaran menulis kelas 1 di SDN 01 Mejasem. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan perecanaan implementasi metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) menggunakan kartu huruf dalam pemelajaran menulis kelas 1 di SDN 01 Mejasem. 2) mendeskripsikan pelaksanaan implementasi metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) menggunakan kartu huruf dalam pemelajaran menulis kelas 1 di SDN 01 Mejasem. 3) mendeskripsikan pelaksanaan implementasi metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) menggunakan kartu huruf dalam pemelajaran menulis kelas 1 di SDN 01 Mejasem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif ini dilaksanakan di SDN 01 Mejasem Siwalan dengan subjek guru dan siswa kelas 1. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi berupa foto dan hasil tulisan siswa sebagai data primer, didukung data vii sekunder dari dokumen terkait. Analisis data dilakukan secara interaktif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode untuk memastikan validitas temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran metode SAS dengan kartu huruf telah tersusun dengan baik dan sistematis, mencakup tahapan yang jelas untuk memudahkan pengajaran. Pelaksanaan pembelajaran juga berjalan secara efektif, di mana kartu huruf terbukti sangat memfasilitasi siswa. Tahapan metode SAS yang dilakukan dari menguraikan kalimat menjadi kata, suku kata, dan huruf, kemudian menyusunnya kembali menjadi suku kata, kata lalu kalimat yang utuh. Hal ini secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap struktur bahasa dan mekanisme pembentukan kata. Evaluasi pembelajaran pasca implementasi metode SAS dengan kartu huruf mengindikasikan adanya peningkatan positif dalam kemampuan menulis siswa kelas 1. Partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran memudahkan siswa dalam menyerap materi menunjukkan bahwa metode SAS sangat relevan dan menarik bagi siswa.Secara keseluruhan penelitian ini menyimpulkan bahwa Perencanaan pembelajaran SAS dilakukan secara sistematis dengan penentuan tujuan, materi relevan, dan alokasi waktu yang jelas, yang termanifestasi dalam RPP detail guru. Proses pembelajaran intinya melibatkan tahap struktural (pengenalan kalimat utuh dengan visual), analitik (penguraian menjadi bagian terkecil), dan sintetik (penyusunan kembali) menggunakan kartu huruf, didukung pengelolaan kelas yang efektif dan penanganan tantangan siswa. Evaluasi berkala dengan instrumen valid mengukur perkembangan menulis siswa, memberikan masukan untuk perbaikan strategi pengajaran, dan menunjukkan potensi signifikan metode SAS dan kartu huruf dalam meningkatkan kualitas pembelajaran menulis siswa melalui konstruksi pengalaman belajar yang sistematis dan kolaborasi aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPuspitaningrum, DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode SAS, Kartu Huruf, Pembelajaran Menulis, Kelas 1 SD.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Jul 2025 01:47
Last Modified: 21 Jul 2025 01:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15070

Actions (login required)

View Item View Item