Dianah, Zulfatud (2020) Upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah melalui metode read aloud dikelompok b2TK Islam Plus Dhiyaul Fatihin Krapyak Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Masa usia dini merupakan masa yang paling efektif bagi anak untuk mendapatkan segala stimulus dari berbagai aspek perkembangan anak. Seperti halnya stimulus untuk mengenalkan Al-Quran pada anak sangatlah penting untuk sedini mungkin diajarkan. Sebagaimana sesuai dengan tahapannya, pengenalan huruf-huruf hijaiyah merupakan langkah awal bagi seorang pemula dalam mempelajari Al-Quran. Pada kenyataannya masih banyak dijumpai anak usia dini yang belum bisa mengenal huruf hijaiyah dengan baik dan benar. Demikian pula di kelompok B2 TK Islam Plus Dhiyaul Fatihin Krapyak Pekalongan masih dijumpai anak yang kesulitan dalam membedakan huruf-huruf hijaiyah. Untuk itu diperlukan upaya peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah yang dapat dilakukan melalui metode read aloud. Metode read aloud merupakan metode membaca keras / nyaring yang bertujuan untuk menigkatkan perhatian anak pada saat pembelajaran sehingga apa yang disampaikan guru kepada anak dapat meresap dalam otak anak dengan mudah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalahapakah metode Read Aloud mampu meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah di Kelompok B2 TK Islam Plus Dhiyaul Fatihin Krapyak Pekalongan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa metode Read Aloud mampu meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah di Kelompok B2 TK Islam Plus Dhiyaul Fatihin Krapyak Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan datanya yaitu dengan observasi dan dokumentasi. Analisa data penelitian ini dilakukan melalui analisa deskriptif kualitatif. Kemampuan mengenal huruf hijaiyah di kelompok B2 TK Islam Plus Dhiyaul Fatihin Krapyak Pekalongan tergolong masih sangat rendah pada saat dilakukan observasi pada prasiklus. Oleh karena itu, dilakukan metode yang berbeda dari sebelumnya yaitu metode read aloud. Pelaksanaan tindakan meliputi 3 siklus masing-masing terdiri dari perencanaan tindakan dan implementasi tindakan meliuti kegiatan awal, kegiatan inti, penutup, observasi, dan refleksi untuk mengetahui permasalahan yang muncul serta memperbaikinya pada tindakan berikutnya untuk mendapat hasil yang diinginkan. Pelaksanaan metode read aloud dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah. Hal ini terbukti dari hasil observasi pada prasiklus masih dijumpai anak yang Belum Berkembang (BB) dalam mengenal huruf hijaiyah sebanyak 7 anak atau 43,75 %, siklus I anak yang Belum Berkembang (BB) dalam mengenal huruf hijaiyah sebanyak 5 anak atau 31,25 %, dan pada siklus II dengan 2 pertemuan hingga siklus III pertemuan pertama telah mengalami peningkatan, hanya 1 anak atau 6,25 % yang Belum Berkembang (BB) dalam mengenal huruf hijaiyah. Sedangkan pada siklus III pertemuan kedua anak yang Belum Berkembang (BB) dalam mengenal huruf hijaiyah dinyatakan nihil dan yang Berkembang Sangat Baik ada 13 anak atau 81,25 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan mengenal huruf hijaiyah dan Metode Read Aloud | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jun 2021 07:56 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jun 2021 07:56 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1511 |
Actions (login required)
View Item |