Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berbasis Strategi Quiz Team Menggunakan Teori Polya Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas VII Smp Islam Al Bayan Wiradesa

Silviana Ima, Takhofana (2025) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berbasis Strategi Quiz Team Menggunakan Teori Polya Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas VII Smp Islam Al Bayan Wiradesa. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2618075_SILVIANA IMA TAKHOFANA_COVER-BAB I-BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (686kB)
[img] Text
2618075_SILVIANA IMA TAKHOFANA_FULL TEXT (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2618075_SILVIANA IMA TAKHOFANA_LAMPIRAN_CV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan diantaranya kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah karena strategi yang digunakan monoton, serta banyaknya soal-soal dan tugas yang diberikan oleh pendidik yang membuat peserta didik merasa bosan untuk mempelajarinya sehingga minat belajar siswa pun menjadi rendah. Berdasarkan permasalahan yang telah dideskripsikan di atas, peneliti memilih tempat penelitian di SMP Islam Al-Bayan Wiradesa karena di sekolah tersebut dalam pembelajaran matematika kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa berbasis strategi quiz team berdasarkan teori polya ditinjau dari tingkat minat belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu sebuh penelitian yang menghasilkan data deskriptif dari suatu hal yang diamati. Kelas yang dijadikan populasi yaitu kelas VII. Sementara sampelnya yaitu tiga orang siswa yang meliputi kategori tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data adalah angket, tes tertulis, wawancara, serta dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Sementara teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif yang mencangkup tiga tahap yaitu tahap kondensasi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan.Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa minat belajar matematika siswa dari 25 responden kelas VII SMP Islam Al Bayan Wiradesa yaitu dari indikator perasaan senang 51% (cukup) ,ketertarikan 41%(cukup) ,perhatian 37% (lemah), keterlibatan dalam belajar 42%( sangat kuat) dan kemampuan pemecahan masalah termasuk kategori sedang dengan rata-rata perolehan hasil tes 65 dari jumlah 25 siswa. Subjek dengan kategori kemampuan pemecahan masalah tinggi mampu melaksanakan sebagian besar keempat indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, serta memeriksa kembali. Subjek kategori dengan kemampuan pemecahan masalah tingkat sedang mampu melaksanakan sebagian soal yang terjawab dengan keempat indikator kemampuan pemecahan masalah. Sementara, subjek dengan kategori rendah cenderung memikili tingkat kemampuan yang rendah yang hanya mampu melaksanakan sebagian besar soal hanya satu indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu memahami masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Minat , Berbasis Strategi Quiz Team , Teori Polya
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Jul 2025 00:58
Last Modified: 21 Jul 2025 00:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15110

Actions (login required)

View Item View Item