Ayu Zulafa, Azalea (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MA NU BATANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalobgan.
![]() |
Text
AZALEA A.Z-2618057ver_BAB 1_BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
AZALEA A.Z_2618057_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
AZALEA A.Z_2618057-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan dalam pembelajaran matematika masih kerap terjadi, terutama karena metode yang monoton dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik. Hal ini berdampak pada rendahnya pemahaman dan hasil belajar siswa. Di era digital, pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi seperti aplikasi Quizizz menjadi alternatif yang efektif. Quizizz menyajikan pembelajaran interaktif dan menyenangkan, Oleh karena itu penggunaan media pembelajaran berbasis quizizz sangat diperlukan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Dari permasalahan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan aplikasi quizizz dalam pembelajaran matematika efektivitas terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa MA NU Batang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi quizizz dalam pembelajaran matematika terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa MA NU Batang. Ini merupakan penelitian Quasi Experiment (penelitian semu) dengan desain penelitian nonequivalent (pretest and post-test) grup design dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah T² Hotelling’s. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 88 siswa, dengan teknik pengambilan sempel adalah teknik purposive sampling, yang menghasilkan jumlah sampel sebanyak 35 siswa di MA NU Batang. Temuan dari penelitian adalah: 1) Pemahaman siswa setelah menggunakan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan yang signifikan. Dimana F = 8,743 dengan sig. = 0,006 < 0,05 berarti hipotesis diterima. 2) Hasil belajar siswa juga meningkat secara signifikan setelah pembelajaran menggunakan aplikasi Quizizz. Hasil uji ANOVA univariat menunjukkan F = 18,103 dengan p = 0,000 < 0,05 yang mana berarti hipotesis diterima. 3) secara stimultan, penggunaan aplikasi Quizizz efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar matematika siswa secara bersamaan. Dimana Wilks’ Lambda = 0,604, Hotelling’s Trace = 0,657, F = 10,511, dan sig. = 0,000 < 0,05 yang mana berartihipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | efektivitas, quizizz, pembelajaran matematika, pemahaman, hasil belajar | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:19 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:19 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |