Nur Aeni, Citra (2020) Menanamkan nasionalisme melalui metode cerita bergambar pada anak kelompok b di RA Almustofa Widodaren. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Metode cerita bergambar adalah termasuk bagian dari metode cerita. Dimana metode cerita bergambar ini merupakan metode cerita yang menggunakan alat seperti sebuah gambar, gambar berseri atau buku cerita bergambar.metode cerita bergambar dipandang dapat meningkatkan nasionalisme siswa kelompok B di RA almustofa. Karena metode ini merupakan metode yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Dimana metode cerita bergambar sangat disenangi oleh anak-anak. Masa anak usia dini sangat gemar sekali dengan kegiatan bercerita. Dengan metode cerita bergambar guru dapat memberikan pendidikan atau pembelajaran tanpa menggurui sehingga anak-anak lebih mudah untuk menyerapka. Terutama dalam meningkatkan nasionalisme yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui menanamkan nasionalisme melalui metode cerita bergambar pada anak kelompok B di RA AlMustofa Widodaren; 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam menanamkan nasionalisme pada anak kelompok B melalui metode cerita bergambar di RA AlMustofa Widodaren. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana cara menanamkan nasionalisme melalui metode cerita bergambar pada anak kelompok B di RA AlMustofa Widodaren?; 2) Apa sajakah faktor penghambat dan pendukung dalam menanamkan nasionalisme pada anak kelompok B melalui metode cerita bergambar di RA AlMustofa Widodaren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik di RA Almustofa Widodaren. Data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis data dengan mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pelaksanaan menanamkan nasionalisme pada anak melalui metode cerita bergambar dilakukan dengan membuat perencaan terlebih dahulu yaitu membuat RPPH, menyiapkan media, menentukan langkah-langkah dalam bercerita. Setelah itu tahap pelaksanan dimana didalamnya guru memberikan kegiatan apersepsi, mengatur posisi duduk, membawakan cerita bergambar tentang menanamkan nasionalisme pada anak, dan respon anak terhadap cerita bergambar tersebut. Pada tahap terakhir adalah evaluasi terhadap hasil yang diperoleh.; 2) Faktor penghambat dalam meanamkan nasionalisme melalui metode cerita bergambar adalah sarana dan prasarana, biaya dan kreativitas guru serta keluarga. Sedangkan faktor pendukungnya adalah minat serta situasi dan kondisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode cerita Bergambar, Nasionalisme, Anak Usia Dini | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jun 2021 08:38 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jun 2021 08:38 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1513 |
Actions (login required)
View Item |