Pengaruh Fitur Layanan, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Muamalat Digital Islamic Network (Studi Pada Nasabah Bank Muamalat Di Pekalongan)

Nuraini, Ratna (2025) Pengaruh Fitur Layanan, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Muamalat Digital Islamic Network (Studi Pada Nasabah Bank Muamalat Di Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalobgan.

[img] Text
RATNA NURAINI_4220017_COVER_BAB 1_BAB V.pdf

Download (9MB)
[img] Text
RATNA NURAINI_4220017-FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text
RATNA NURAINI_4220017_LAMPIRAN _DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh fitur layanan, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan terhadap minat penggunaan mobile banking Muamalat Digital Islamic Network (DIN) pada nasabah Bank Muamalat di Kota Pekalongan. Latar belakang penelitian ini didasari oleh perkembangan teknologi digital yang mendorong transformasi layanan perbankan, salah satunya melalui aplikasi mobile banking. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei jenis field research. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan nasabah Bank Muamalat di Pekalongan dan telah menggunakan aplikasi Muamalat DIN minimal satu kali transaksi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel fitur layanan dan persepsi keamanan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat penggunaan mobile banking Muamalat DIN, sedangkan persepsi kemudahan tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial. Namun demikian, secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAwali, HusniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Service Features, Perceived Ease of Use, Perceived Security, Usage Intention, Mobile Banking, Muamalat Digital Islamic Network (DIN).
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 21 Jul 2025 06:45
Last Modified: 21 Jul 2025 06:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15154

Actions (login required)

View Item View Item