Aisna, Aprillia Azza (2025) Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Hafalan Surat Pendek Pada Anak Usia Dini Di RA Muslimat Rembun Siwalan Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2418077_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2418077_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2418077_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
Abstract
Konteks pada penelitian ini didasari oleh karena modernisasi kehidupan yang membuat kajian-kajian Al-Qur’an semakin dikesampingkan. Sehingga beberapa orang pada masa kini kesulitan dalam membaca serta menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an. Dalam hal ini peneliti menjabarkan tentang metode pembiasaan dalam menghafalkan surat-surat pendek sejak usia dini dengan membiasakan anak melafalkan ayat Al-Qur’an setiap hari. Permasalahan yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam meningkatkan hafalan surah pendek anak usia dini di RA Muslimat Rembun Siwalan Kabupaten Pekalongan? Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses implementasi metode pembiasaan dalam meningkatkan hafalan surah pendek anak usia dini di RA Muslimat Rembun Siwalan Kabupaten Pekalongan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang kemudian dideskripsikan fakta dan realita tentang metode pembiasaan dalam menghafalkan surat pendek sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang mana sumber data diperoleh dari hasil wawancara dengan guru, observasi lingkungan sekolah, dokumentasi, jurnal, buku, dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode pembiasaan dilakukan melalui kegiatan rutin seperti pembacaan surah pendek sebelum memulai pembelajaran, murojaah bersama guru, serta pelibatan anak dalam kegiatan hafalan secara berulang setiap hari. Pembiasaan ini mampu menciptakan suasana yang kondusif bagi anak untuk terbiasa mendengar, menirukan, dan menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an secara alami. Anak-anak menunjukkan peningkatan hafalan surah pendek secara signifikan, baik dalam jumlah surat yang dikuasai maupun kelancaran pelafalannya. Faktor pendukung meliputi keterlibatan aktif guru dan orang tua, konsistensi penerapan pembiasaan, serta lingkungan belajar yang religius dan kondusif. Sementara itu, faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu, perbedaan tingkat kemampuan anak, serta kurangnya dukungan dari lingkungan luar sekolah. Dengan demikian, metode pembiasaan yang diterapkan di RA Muslimat Rembun Siwalan terbukti efektif dalam meningkatkan hafalan surah pendek anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembiasaan, Menghafal Surat Pendek, Anak Usia Dini | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:19 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:19 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15252 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |