Ikhsanudin, Ahmad (2019) Pengaruh kecerdasan intelektual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XII MA Ath-Thohiriyyah Watusalam. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I -V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Mata pelajaran bahasaarab merupakan mata pelajaran yang sangat penting. Dalam pembelajarannya, prestasi belajar merupakan tolak ukur yang utama untuk mengetahui keberhasilan belajar siswa. Tinggi rendahnya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak factor. Kecerdasan intelektual dan motivasi belajar yang terdapat dalam diri seorang siswa merupakan dua faktor dari banyak faktor yang mempengaruhi dalam pencapaian prestasi belajar bahasa arab siswa yang baik.Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan dengan guru mata pelajaran Bahasa Arab kelas XII di MA Ath-Thohiriyyah Watusalam didapatkan bahwa tingkat prestasi belajar Bahasa Arab siswanya tidak sebanding dengan kemampuan kecerdasan Intelektual dan motivasi belajar siswa. Fenomena yang sering terjadi tidak sedikit siswa dengan tingkat intelegensi tinggi tetapi prestasi belajarnya kurang dan ada siswa dengan tingkat intelegensi sedang bahkan rendah dapat mengungguli prestasi belajar siswa dengan tingkat intelegensi yang tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apakah kecerdasan intelektualberpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar bahasa arab siswa kelas XII MA Ath-Thohiriyyah? (2) Apakah motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar bahasa arab siswa kelas XII MA Ath-Thohiriyyah? (3) Apakah kecerdasan intelektual dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar bahasa arab siswa kelas XII MA Ath-Thohiriyyah? Adapun tujuan penelitian ini antara lain (1)Untuk mengetahui Pengaruhkecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar bahasa arab, (2) Untuk mengetahui motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar bahasa arab, dan (3) Untuk mengetahui kecerdasan intelektual dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar bahasa arab siswa kelas XII MA Ath-Thohiriyyah Watusalam Tahun Pelajaran 2018/2019.Manfaat penelitian ini adalah menambah pengetahuan peneliti mengenai pengaruh kecerdasan intelektual dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran bahasa arab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MA Ath-ThohiriyyahWatusalam dan sampel penelitian adalah kelas XII JurusanKeagamaan. Pengambilan sampel dengan tekhnik simple random sampling. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi dan instrumen. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji keberartian, uji regresi dan uji koefisien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan intelektual mempengaruhi prestasi belajar bahasa arab siswa kelas XII Ath-Thohiriyyah Watusalam sebesar 89,83%, motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar bahasa arab sebesar 91,72%, kecerdasan intelektual dan motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar bahasa arab sebesar 92,56% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Intelektual, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Bahasa Arab | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Sultan Mubarok | ||||||||
Date Deposited: | 28 Apr 2020 21:42 | ||||||||
Last Modified: | 28 Apr 2020 21:42 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/153 |
Actions (login required)
View Item |