Pengaruh label halal, iklan dan inovasi produk terhadap minat beli konsumen pada produk pt. mayora indah tbk. (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan Angkatan 2017-2018)

Nafi’ah, Lisatun (2020) Pengaruh label halal, iklan dan inovasi produk terhadap minat beli konsumen pada produk pt. mayora indah tbk. (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan Angkatan 2017-2018). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Persaingan usaha salah satunyaterjadi dalam industrimakanan dan minuman. Minat beli konsumen menjadi salah satu faktor penting dalam persaingan usaha untuk meningkatkan penjualan produk. Minat beli dapat ditingkatkan melalui beberapa faktor yaitu label halal, iklan dan inovasi produk. Label halal menjadi faktor penting bagi konsumen muslim dalam memilih suatu produk.Minat belijuga dapat dipengaruhi oleh faktor Iklan dan inovasi produk. Dimana jika iklan semakin menarik dan produk terus melakukan inovasi hal ini dapat meningkatkan rasa minat beli konsumen untuk membeli suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Label Halal, Iklan dan Inovasi produk terhadap minat beli konsumen pada produk PT. Mayora Indah Tbk. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel independen dalam penelitian ini meliputi label halal (X1), iklan (X2) dan inovasiproduk (X3) dan variabel dependen yaitu minat beli (Y). Sumber data diperoleh melalui data primer dan sekunder. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan angkatan 2017-2018. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakanAccidental sampling.Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa label halal secara parsial berpengaruh terhadap minat beli konsumen dengan diperoleh nilai thitung(4,603) >ttabel(1,987). Iklan secara parsial berpengaruh terhadap minat beli konsumen dengan diperoleh nilai thitung (9,952) >ttabel (1,987) daninovasi produk secara parsial berpengaruh terhadap minat beli konsumen dengan diperoleh nilai thitung (9,041) >ttabel (1,987).Melalui uji F, menunjukkan ketiga variabel independen yaitu label halal, iklan dan inovasi produk berpengaruh secara simultan terhadap minat beli konsumen degan nilai Fhitung(264,417) > Ftabel (2,71). Berdasarkan uji koefesien determinasi, diperoleh R Square sebesar 0,823. Artinya bahwa bahwa 8,23% faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen pada produk PT. Mayora Indah Tbk dapat dijelaskan oleh faktor label halal, iklan dan inovasi sedangkan 17,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorStiawan, DrajatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Label Halal, Iklan, Inovasi Produk dan Minat Beli
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 16 Jun 2021 04:31
Last Modified: 16 Jun 2021 04:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1531

Actions (login required)

View Item View Item