Lutfiyani, Dewi Tri (2025) Pelaksanaan Bimbingan Islami Melalui Teknik Self Management Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Sd N Sunter Agung 01. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3518124_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3518124_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
3518124_Lampiran.pdf Download (937kB) |
Abstract
Lutfiyani, Dewi Tri. 2025: Pelaksanaan Bimbingan Islami melalui Teknik Self Management terhadap Motivasi Berprestasi Siswa SD N Sunter Agung 01. Skripsi Bimbingan Penyuluhan Islam Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Nadhifatuz Zulfa, M.Pd. Kata kunci : Pelaksanaan Bimbingan Islami, Teknik Self Management, Motivasi Berprestasi Motivasi berprestasi dianggap sebagai suatu kondisi internal yang spesifik dan mendorong perilaku seseorang untuk mengatasi kendala, melaksanakan kekuasaan, berjuang untuk melakukan sesuatu yang sulit sebaik dan secepat mungkin. Motivasi berprestasi ini erat kaitannya dengan prestasi belajar yang didapatkan oleh siswa, yang mana motivasi berprestasi dimaksudkan sebagai suatu bentuk dorongan maupun dukungan yang diberikan baik kepada diri sendiri maupun orang lain untuk dapat mencapai suatu keberhasilan dalam belajar. Dalam motivasi berprestasi belajar siswa ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kesehatan, minat, bakat, perhatian, huungan antara anggota keluarga, lingkungan sekitar dan lain sebagainya. Faktor-faktor tersebutlah yang nantinya akan mempengaruhi motivasi berprestasi siswa kedepannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui motivasi berprestasi siswa di SDN Sunter Agung 01, (2) untuk mengetahui pelaksanaan dari layanan bimbingan Islami melalui teknik self management untuk membentuk motivasi berprestasi siswa di SDN Sunter Agung 01. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research yang metodenya yautu deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologis. Sumber data primer dari penelitian ini yaitu wali kelas dan siswa kelas 5, sedangkan data sekundernya yaitu guru mata pelajaran dan dokumen pendukung lainnya. Disamping itu, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada data yang dianalisis melalui tiga tahapan yaitu tahap pra lapangan yang terdiri dari proses pengamatan, penyusunan program pengamatan, pemilihan lokasi penelitian, dan pemilihan model pengamatan. Kemudian tahap selanjutnya yaitu tahap memasuki lapangan dan tahap akhir yakni tahap pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berprestasi yang ada di SDN Sunter Aguung 01 ini disebabkan oleh beberapa faktor, baik faktor intrinsik maupun faktor ekstrinsik. Alasan menggunakan teknik self management yaitu agar siswa diharapkan akan mampu untuk mengatur dirinya terutama dalam hal belajar sesuai dengan arahan, dorongan, dukungan dan semangat yang diberikan oleh wali kelas melalui layanan bimbingan Islami baik secara individu maupun kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Bimbingan Islami, Teknik Self Management, Motivasi Berprestasi | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:33 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:33 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15335 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |