Infiltrasi Dakwah Dalam Bisnis Catering Aqiqah (Kajian Tentang Aqiqah dalam Minibook Aqiqah Bariklana)

Nuriyana, Salma (2025) Infiltrasi Dakwah Dalam Bisnis Catering Aqiqah (Kajian Tentang Aqiqah dalam Minibook Aqiqah Bariklana). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3418144_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3418144_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3418144_Lampiran.pdf

Download (243kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini mengkaji infiltrasi dakwah dalam pelaksanaan bisnis jasa catering aqiqah, dengan fokus pada studi kasus Minibook Aqiqah Bariklana, bisnis cateìring aqiqah ini meìnarik untuk dijadikan seìbagai subjeìk peìneì litian kajian teìntang aqiqah dalam minibook aqiqah Bariklana kareìna dalam bisnis cateìring seìndiri teìlah teìrseìlip dakwah yang seìcara tidak langsung yaitu beìrdakwah meìnggunakan minibook. Didalam minibook seìndiri beìrisi peìmbahasan meìngeìnai hukum aqiqah, tata cara aqiqah, waktu peìlaksanaan aqiqah, dan lain seìbagainya. Penelitian ini dilakukan di Aqiqah Bariklana yang ada di Pekalongan, dimana usaha bisnis tersebut menjadi sasaran masyarakat untuk mengaqiqahkan putra putri nya dengan sistem pemesanan yang mudah dan terpercaya. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk meìngeìtahui peìneìrapan infiltrasi dakwah dalam Bisnis Cateìring Aqiqah Bariklana (2) untuk meìngeìtahui motivasi infiltrasi dakwah dalam Minibook Aqiqah Bariklana. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan memanfaatkan teknik observasi di lapangan, wawancara serta kajian loteratur, penelitian ini menggunakan pendekatan kajian pustaka dan analisis konten terhadap minibook yang dipublikasikan oleh Aqiqah Bariklana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Simbol Komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Minibook Aqiqah Bariklana tidak hanya berfungsi sebagai alat informasi tentang aqiqah, tetapi juga sebagai sarana dakwah yang mengedukasi konsumen mengenai aturan, makna, dan nilai spiritual dari ibadah aqiqah. Infiltrasi dakwah dilakukan melalui cara yang persuasif, penggunaan bahasa yang mudah dipahami, serta penyajian konten yang sederhana tetapi bermakna. Ini menunjukkan model penggabungan antara dakwah dan ekonomi yang sesuai, di mana aktivitas bisnis tidak hanya ditujukan untuk keuntungan, tetapi juga untuk tujuan menyebarkan nilai-nilai Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSu'aidi, HasanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Aqiqah, Bariklana, Minibook, Infiltrasi Dakwah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:44
Last Modified: 22 Jul 2025 03:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15339

Actions (login required)

View Item View Item