Pengaruh persaingan usaha, pemahaman etika bisnis islam, jenis pendidikan dan religiositas terhadap perilaku pedagang muslim (Studi pada Pedagang Batik di Pasar Grosir Setono Pekalongan)

Sufitri, Sufitri (2020) Pengaruh persaingan usaha, pemahaman etika bisnis islam, jenis pendidikan dan religiositas terhadap perilaku pedagang muslim (Studi pada Pedagang Batik di Pasar Grosir Setono Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kegiatan bisnis tidak dapat dipisahkan dari etika dan nilai-nilai moralitas. Jika dilihat dari fenomena yang ada, banyak dijumpai pedagang yang bersikap amoral di tengah persaingannya.Sikap ini jelas bertentangan dengan ajaran Islam yang menekankan konsep manfaat yang lebih luas pada setiap kegiatan ekonomi, menjunjung tinggi asas-asas keadilan, serta etika dan norma hukum dalam kegiatan ekonomi. Untuk menjadikan bisnis menjadi kegiatan usaha yang baik maka aturan-aturan bisnis harus dilakukan agar bisnis berjalan dengan baik dan tidak merugikan orang lain. Penelitian ini bertujuan menguji Pengaruh Persaingan Usaha, Pemahaman Etika Bisnis Islam, Jenis Pendidikan dan Religiositas terhadap Perilaku Pedagang Muslim di Pasar Grosir Setono Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua pedagang batik yang beragama Islam di Pasar Grosir Setono Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 79 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan langsung ke responden. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persaingan usahaberpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang muslim. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung4,658> ttabel1,992. Pemahaman etika bisnis Islam berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang muslim. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung4,593> ttabel1,992. Jenis pendidikan berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang muslim. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung4,003> ttabel1,992. Religiositas berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang muslim. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung3,287> ttabel1,992. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa keempat variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang muslim ditunjukkan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 32,958 >2,49 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsfandiar, Ali AminUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persaingan Usaha, Pemahaman Etika Bisnis Islam, Jenis Pendidikan, Religiositas dan Perilaku Pedagang Muslim.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 16 Jun 2021 08:06
Last Modified: 16 Jun 2021 08:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1539

Actions (login required)

View Item View Item