Ulfa, Tri Mariya (2025) Pengaruh Penerapan Metode Fun Teaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iii Pada Pembelajaran Tematik Di Mi Nu Rowolaku Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2318140_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2318140_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2318140_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tri Mariya Ulfa. 2025. “Pengaruh Penerapan Metode Fun teaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Tematik Di MI NU Rowolaku Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing D r .Rahmat Kamal, M.Pd.I. Kata Kunci: Fun teaching, Motivasi Belajar, Pembelajaran Tematik Pembelajaran tematik yang diterapkan di madrasah ibtidaiyah menuntut guru untuk menggunakan metode yang menyenangkan agar siswa tidak cepat bosan dan tetap semangat dalam belajar. Salah satu pendekatan yang dapat menciptakan suasana belajar yang menarik adalah metode fun teaching, yaitu strategi pembelajaran yang menggabungkan unsur permainan, lagu, humor, dan aktivitas menyenangkan lainnya dalam proses pembelajaran. Motivasi belajar siswa menjadi aspek penting dalam pencapaian hasil belajar. Namun, masih ditemukan siswa yang kurang antusias dan cepat kehilangan minat dalam mengikuti pelajaran tematik. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode fun teaching dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode fun teaching pada pembelajaran tematik siswa kelas III di MI NU Rowolaku? (2) Bagaimana tingkat motivasi belajar siswa kelas III pada pembelajaran tematik? (3) Seberapa besar pengaruh metode fun teaching terhadap motivasi belajar siswa kelas III? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode fun teaching, mengukur tingkat motivasi belajar siswa, dan menganalisis seberapa besar pengaruh metode fun teaching terhadap motivasi belajar siswa kelas III di MI NU Rowolaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI NU Rowolaku yang berjumlah 29 orang, dan seluruhnya dijadikan sampel dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan regresi linear sederhana menggunakan bantuan SPSS. Validitas dan reliabilitas instrumen diuji dengan hasil yang memenuhi syarat statistik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Fun teaching, Motivasi Belajar, Pembelajaran Tematik | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2025 06:31 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2025 06:31 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |