Penerapan Manajemen Kelas Dalam Proses Pembelajaran Pada Peserta Didik Kelompok B Di TK Muslimat NU 01 Kebondalem Pemalang

Khusna, Namirotul (2025) Penerapan Manajemen Kelas Dalam Proses Pembelajaran Pada Peserta Didik Kelompok B Di TK Muslimat NU 01 Kebondalem Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2418081_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (688kB)
[img] Text
2418081_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2418081_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Manajemen kelas merupakan salah satu komponen penting dalam keberhasilan proses pembelajaran, terutama pada pendidikan anak usia dini. Penerapan manajemen kelas yang baik akan menciptakan suasana belajar yang kondusif, tertib, dan menyenangkan bagi peserta didik. Guru memiliki peran strategis dalam mengelola kelas agar kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung secara optimal sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak usia dini. TK Muslimat NU 01 Kebondalem sebagai lembaga pendidikan Islam berupaya menerapkan manajemen kelas yang efektif dalam menunjang proses pembelajaran kelompok B. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan manajemen kelas dalam proses pembelajaran pada peserta didik kelompok B di TK Muslimat NU 01 Kebondalem. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam penerapan manajemen kelas dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelompok B dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung utama dalam penerapan manajemen kelas meliputi: dukungan dari kepala sekolah, keterlibatan orang tua, ketersediaan sarana prasarana, serta kompetensi guru dalam mengelola kelas. Adapun faktor penghambat yang ditemukan adalah keterbatasan jumlah tenaga pendidik, kurangnya perhatian orang tua terhadap pembelajaran anak, serta kondisi peserta didik yang beragam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya kolaboratif antara guru, orang tua, dan pihak sekolah sangat penting untuk mengatasi hambatan yang ada dan memperkuat faktor pendukung manajemen kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrabowo, Dimas SetiajiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Proses Pembelajaran, Anak Usia Dini, Kurikulum Merdeka
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:19
Last Modified: 22 Jul 2025 03:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15417

Actions (login required)

View Item View Item