Rosiana, Feralia (2025) Teachers’ implementation of integrating moral values in english teaching at an integrated islamic elementary school. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
| 
              
Text
 2519020_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB)  | 
          |
| 
              
Text
 2519020_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB)  | 
          |
| 
              
Text
 2519020_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB)  | 
          
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai moral pada pengajaran bahasa Inggris dan tantangan guru dalam proses implementasinya. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus dan memanfaatkan wawancara semi-terstruktur dan observasi untuk memperoleh data. Penelitian ini dilakukan di sebuah Sekolah Dasar Islam Terpadu dengan partisipannya adalah guru bahasa Inggris di sekolah tersebut. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa strategi guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai moral dalam pengajaran bahasa Inggris berkaitan dengan prinsip pembelajaran bahasa yang diformulasikan oleh Vale, Scarino, dan McKay (1991) yaitu: the learner-centered principle, the active involvement principle, the immersion principle, the socio-cultural principle, the assessment principle, dan the responsibility principle. Selain itu, beberapa bentuk nilai moral yang ditemukan antara lain, tanggung jawab, disiplin, kejujuran, empati, keberanian, pembiasaan ibadah, dan konsistensi. Di sisi lain, tantangan yang dihadapi guru dalam proses mengintegrasikan nilai-nilai moral ke dalam pengajaran bahasa Inggris antara lain waktu yang terbatas, pengaruh teknologi, dan dukungan orang tua. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi strategi untuk guru dalam mengintegrasikan nilai moral dalam proses pengajaran Bahasa Inggris mereka.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: | 
  | 
        ||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Integrating moral values, english teaching, integrated islamic elementary school | ||||||||
| Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:51 | ||||||||
| Last Modified: | 28 Oct 2025 09:32 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15434 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
        