Investigating Senior High School Students’ Experiences On English Club In Fostering Speaking Skills

Khafidhoh, Kholisotul (2025) Investigating Senior High School Students’ Experiences On English Club In Fostering Speaking Skills. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2518057_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2518057_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2518057_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemampuan berbicara merupakan salah satu unsur penting dalam menguasai bahasa Inggris. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam meningkatkan keterampilan ini, terutama dalam pembelajaran formal di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengalaman siswa SMA yang bergabung dengan English Club sebagai ruang belajar non-formal yang mendukung pengembangan keterampilan berbicara mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penyelidikan naratif, berfokus pada siswa kelas XI di sebuah SMA di Pekalongan yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan English Club. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan dianalisis menggunakan analisis tematik. Temuan menunjukkan bahwa Klub Bahasa Inggris menciptakan lingkungan yang mendukung dan tidak menakutkan, di mana siswa merasa lebih percaya diri, mengatasi kecemasan, dan secara bertahap meningkatkan kemampuan berbicara mereka melalui aktivitas seperti diskusi, presentasi, bercerita, dan permainan. Pengalaman siswa menunjukkan bahwa dukungan emosional, kolaborasi antar teman sebaya, dan kebebasan berekspresi sangat penting dalam mengembangkan keterampilan berbicara mereka. Selain perbaikan teknis, Klub Bahasa Inggris mendukung kepercayaan diri, motivasi, dan interaksi sosial siswa. Penelitian ini menekankan peran ruang belajar alternatif di luar kelas. Temuan ini memberikan wawasan bagi guru, sekolah, dan penyelenggara program dalam memaksimalkan Klub Bahasa Inggris sebagai ruang yang menyenangkan untuk memperkuat kemampuan siswa dalam menggunakan Bahasa Inggris secara aktif. Kata kunci: keterampilan berbicara, Klub Bahasa Inggris, pengalaman siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBurhanuddin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, Klub Bahasa Inggris, pengalaman siswa
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jul 2025 07:08
Last Modified: 22 Jul 2025 07:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15487

Actions (login required)

View Item View Item