Dhofiroh, Laely (2025) Analyzing Self-Study With English Subtitled Movies To Support Vocabulary Learning For Students. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2518069_COVER__BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2518069_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2518069_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana film berbahasa Inggris yang dilengkapi subtitle dapat mendukung pembelajaran kosakata secara mandiri oleh siswa. Menyadari bahwa kosakata merupakan unsur penting dalam kompetensi berbahasa, penelitian ini mengeksplorasi strategi dan pengalaman siswa ketika secara mandiri menonton film berbahasa Inggris dengan subtitle. Menggunakan desain penelitian kualitatif studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara semiterstruktur dengan dua siswa sekolah menengah atas di Pekalongan, Jawa Tengah, yang telah menerapkan metode belajar ini. Temuan menunjukkan bahwa film berbahasa Inggris dengan subtitle efektif meningkatkan penguasaan kosakata melalui paparan bahasa otentik dan kontekstual. Partisipan melaporkan menerapkan strategi seperti mencatat kosakata baru, menghentikan dan memutar ulang adegan untuk memperkuat pembelajaran. Meskipun memberikan manfaat seperti peningkatan keterampilan mendengar, pengucapan, dan pemahaman idiom, siswa juga menghadapi tantangan seperti kesulitan mengikuti dialog yang cepat, membedakan bahasa formal dan informal, serta memahami referensi budaya. Tantangan tersebut mendorong siswa untuk mengembangkan strategi adaptif, yang mencerminkan kesadaran metakognitif dan kemandirian belajar. Secara keseluruhan, penelitian ini menyoroti potensi praktis penggunaan film berbahasa Inggris dengan subtitle sebagai bagian dari pembelajaran mandiri untuk melengkapi pembelajaran formal dan mendorong peningkatan penguasaan kosakata secara mandiri. Kata kunci: kosakata, belajar mandiri, film berbahasa Inggris dengan subtitle
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | kosakata, belajar mandiri, film berbahasa Inggris dengan subtitle | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2025 07:10 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2025 07:10 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15490 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |