Nuro, Muhammad Zidni (2025) Exploring Linguistic And Psychological Challenges Of English Department Students In Speaking Practice. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2518109_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2518109_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2518109_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan berbicara Bahasa Inggris merupakan salah satu keterampilan penting bagi mahasiswa jurusan Bahasa Inggris. Namun, banyak mahasiswa yang masih mengalami kesulitan untuk berbicara dengan percaya diri dan lancar meskipun telah mempelajari bahasa tersebut selama beberapa tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan linguistik dan psikologis yang menghambat kemampuan berbicara mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melibatkan enam mahasiswa semester enam sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui wawancara semiterstruktur dan observasi partisipatif, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menghadapi berbagai kesulitan linguistik, meliputi keterbatasan kosakata, kesalahan tata bahasa, pengucapan yang tidak tepat, kurangnya kelancaran berbicara, serta lemahnya pemahaman saat berkomunikasi. Selain itu, faktor psikologis seperti rendahnya kepercayaan diri, kecemasan saat berbicara, rasa takut melakukan kesalahan, dan motivasi yang tidak stabil juga menjadi hambatan signifikan. Dalam menghadapi tantangan tersebut, mahasiswa menunjukkan berbagai usaha mandiri, seperti memperluas kosakata, menggunakan media digital, berlatih berbicara di depan cermin, dan mencari dukungan dari lingkungan sekitar. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa pengembangan kemampuan berbicara tidak hanya bergantung pada penguasaan bahasa, tetapi juga membutuhkan kesiapan emosional, latihan yang konsisten, serta lingkungan belajar yang mendukung. Oleh karena itu, disarankan agar pengajar menciptakan suasana kelas yang minim tekanan agar mahasiswa merasa lebih percaya diri dalam menggunakan Bahasa Inggris secara aktif. Kata kunci: tantangan berbicara, kesulitan linguistik, faktor psikologis, mahasiswa jurusan Bahasa Inggris, kemampuan berbicara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | tantangan berbicara, kesulitan linguistik, faktor psikologis, mahasiswa jurusan Bahasa Inggris, kemampuan berbicara. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:24 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:24 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15496 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |