Investigating Students’ Practices And Challenges In Extensive Listening

Pramestiani, Difa Afina (2025) Investigating Students’ Practices And Challenges In Extensive Listening. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2518007_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2518007_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2518007_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplor apa saja yang dilakukan oleh mahasiswa ketika latihan mendengarkan secara ekstensif, apa saja tantangannya dan apa saja strategi dalam berlatih mendengarkan secara ekstensif. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan secara spesifik menggunakan pendekatan studi kasus. Tiga partisipan berpartisipasi di dalam penelitian ini, mahasiswa semester dua. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur dan jurnal mendengarkan. Penelitian ini memaparkan beberapa latihan yang dilakukan mahasiswa saat berlatih mendengarkan secara ekstensif seperti, memilih materi, platform dan durasi, mendengarkan secara terfokus, mendengarkan secara berulang, hanya mendengarkan audio, mendengarkan secara aktif, mendengarkan dan menyimak, mendengarkan dan menonton, serta kombinasi teknik mendengarkan, menyimak dan menonton, lalu tantagan-tantangan yang dihadapi mahasiswa seperti, berbicara yang terlalu cepat, variabilitas ujaran, kosa kata yang asing dan aksen yang asing. Yang terakhir, strategi yang digunakan mahasiswa untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut yaitu strategi kognitif; mengulang, dan menggunakan sumber lain. Selama penelitian ini, mahasiswa mempunyai otonomi dalam memilih materi dan dapat berperan secara aktif mencari strategi yang cocok untuk mengatasi tantangan yang dihadapi. Penelitian ini dapat memberikan informasi kepada semua siswa dan mahasiswa bahwa mereka dapat menentukan sendiri apa yang akan mereka pelajari dengan santai, lalu penelitian dapat memberikan pandangan kepada guru dan dosen untuk mendukung siswa dan mahasiswa bagaimana berlatih mendengarkan secara ekstensif dan memberikan variasi sumber belajar mendengarkan yang mudah untuk diakses. Kata kunci: Extensive Listening, Listening Practices, Listening Challenges, Listening Strategies

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAli, FachriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Extensive Listening, Listening Practices, Listening Challenges, Listening Strategies
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jul 2025 08:53
Last Modified: 22 Jul 2025 08:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15498

Actions (login required)

View Item View Item