Pengembangan E-Bahan Ajar Berbasis Education For Sustainable Development Dalam Meningkatkan Kecakapan Berpikir Kritis Dan Sustainable Awareness Siswa Kelas V Kelurahan Sokoduwet Kota Pekalongan

Muflikhah, Ila Khayati (2025) Pengembangan E-Bahan Ajar Berbasis Education For Sustainable Development Dalam Meningkatkan Kecakapan Berpikir Kritis Dan Sustainable Awareness Siswa Kelas V Kelurahan Sokoduwet Kota Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50323003 - Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
50323003 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
50323003 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-bahan ajar berbasis Education for Sustainable Development (ESD) guna meningkatkan kecakapan berpikir kritis dan sustainable awareness siswa kelas V di Kelurahan Sokoduwet, Kota Pekalongan. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD di wilayah tersebut, dengan melibatkan guru sebagai mitra kolaboratif dalam proses validasi dan implementasi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli materi dan media, serta tes kemampuan berpikir kritis dan angket kesadaran berkelanjutan. Validasi ahli media menunjukkan bahwa e-bahan ajar tergolong sangat layak dengan skor rata-rata 3,38 dan sedangkan ahli materi sangat layak dengan rata-rata 3,63. Hasil uji kecakapan berpikir kritis juga menunjukkan perbedaan yang signifikan dari sebelum pembelajaran mendapatkan rata-rata 45, 24 dengan kategori rendah. Setelah mendapatkan perlakukan tingkat kecakapan berpikir kritis rata-rata 74,78 dengan kategori tinggi. Hal ini serupa pada pengukuran sustainable awareness siswa meningkat dari kategori sedang ke tinggi berdasarkan hasil angket siswa. Bahan ajar yang dikembangkan mengintegrasikan konten lingkungan, sosial, ekonomi, dan budaya lokal Pekalongan dalam pembelajaran tematik. Selain itu, media interaktif yang digunakan mendorong keterlibatan aktif siswa dalam mengeksplorasi isu-isu keberlanjutan secara kontekstual. Penelitian ini menunjukkan bahwa e-bahan ajar berbasis ESD efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kesadaran berkelanjutan siswa, serta layak digunakan dalam pembelajaran tematik jenjang SD/MI.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade Dedi197101151998031005UNSPECIFIED
Thesis advisorIskarim, Mochamad198401222015031004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, ESD, kecakapan berpikir kritis, sustainable awaraness
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 21 Aug 2025 07:54
Last Modified: 21 Aug 2025 07:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15537

Actions (login required)

View Item View Item