Pedagang Muslim di Era Covid-19: Dampak dan Strategi Peningktan Volume Penjualan (Studi Kasus Pasar Comal Kabupaten Pemalang)

Faizah, Nailul (2022) Pedagang Muslim di Era Covid-19: Dampak dan Strategi Peningktan Volume Penjualan (Studi Kasus Pasar Comal Kabupaten Pemalang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4117265-Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4117265-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
4117265-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 tidak hanya mempengaruhi pada sektor kesehatan saja, akan tetapi juga merambat ke sektor ekonomi. Pendapatan masyarakat menurun drastis, jadi sangat berpengaruh terhadap permintaan barang dan jasa di pasar tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Covid-19 terhadap volume penjualan dan strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan yang dilakukan pedagang muslim di Pasar Tradisional Comal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif field research (penelitian lapangan), data primer akan diperoleh langsung dari informan di lapangan. Data primer dalam penelitian ini adalah pedagang dan pembeli di Pasar Comal. Sedangkan data sekunder diambil dari pengelola pasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Untuk kredibilitas data, dilakukan dengan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dalam analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman untuk menganalisis data hasil penelitian, yaitu aktivitas“dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa Pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif terhadap pedagang di Pasar Comal. Pedagang mengalami penurunan tingkat penjualan dan pendapatan antara antara 50% sampai 70%, yang disebabkan oleh perubahan perilaku konsumen. Strategi pemasaran untuk peningkatan volume penjualan yang dilakukan pedagang muslim di Pasar Comal dalam mengatasi dampak Covid-19, sebagian besar sudah sesuai dengan teori bauran pemasaran yang meliputi strategi produk, harga, promosi, dan distribusi. Selain itu mereka juga memanfaatkan pengunaan gadget dan media sosialnya seperti WhatsApp dan Fecebook.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dampak Covid-19, Pasar Tradisioanl, Volume Penjualan, Strategi Peningkatan Penjualan, dan Pedagang Muslim.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 05 Aug 2025 07:46
Last Modified: 05 Aug 2025 07:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15552

Actions (login required)

View Item View Item