Analisis Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Krempyeng Kalirandu Pemalang di Masa Pandemi Covid-19 Persepektif Etika Bisnis Islam ( Studi Kasus Di Pasar Tradisional Krempyeng Kalirandu Pemalang).

Krisdiyanti, Lili (2022) Analisis Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Krempyeng Kalirandu Pemalang di Masa Pandemi Covid-19 Persepektif Etika Bisnis Islam ( Studi Kasus Di Pasar Tradisional Krempyeng Kalirandu Pemalang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4117017_Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4117017_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4117017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: Https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Perilaku merupakan suatu tindakan atau perbuatan manusia yang terlihat dan tidak terlihat, baik didasari ataupun tidak didasari, seperti cara berbicara, cara melakukan sesuatu yang datangnya dari luar maupun dari dalam dirinya. Dagang yaitu barang yng diperjual belikan, sedangkan pedagang merupakan orang yang sedang memperjual belikan barang dagangannya kepada para pembeli. Pendemi Covid-19 sendiri adalah virus atau wabah yang menyerang pada paru-paru dan bisa menyebabkan kematian. Adapun berdasarkan rumusan masalah pnelitian ini adalah bagaimana perilaku pedagang pasar tradisional Krempyeng Kalirandu Pemalang di masa pandemi Covid-19 perspektif etika bisnis Islam dengan tujuan peneliti untuk mengetahui pengetahuan, perilaku para pedagang di pasar tradisional krempyeng Kalirandu perspektif Etika Bisnis Islam. Berdasarkan tujuan penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah para pedagang pasar tradisional Krempyeng Kalirandu Pemalang. Sedangkan untuk objeknya yaitu perilaku para pedagang pasar tradisional Krempyeng Kalirandu Pemalang. Untuk data sumber yang digunakan ada dua yaitu primer dan sekunder. Data yang dikumpulkan merupakan hasil wawancara dengan beberapa narasumber di pasar tradisional Krempyeng Kalirandu Pemalang. Kemudian untuk teknik analisis data yang digunakan adalah metode Triangulasi dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, sebagian besar pedagang di pasar tradisional Krempyeng Kalirandu Pemalang di masa pandemi Covid-19 ini menerapkan ke lima prinsip etika bisnis Islam. Walaupun masih ada pedagang tidak menerapkan prinsipnya dan tidak paham etika bisnis Islam, tetapi para pedagang mayoritas paham cara berdagang menurut agama Islam itu tidak melakukan hal-hal yang dilarang. Kata Kunci: Perilaku pedagang, Pandemi Covid 19, Etika Bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perilaku pedagang, Pandemi Covid 19, Etika Bisnis Islam.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Qodariyah Siti Nurlaelatul
Date Deposited: 06 Aug 2025 04:02
Last Modified: 07 Aug 2025 03:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15566

Actions (login required)

View Item View Item