Khanifiana, Renza (2022) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Dan Trend Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Angkatan 2017- 2019). Diploma thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4118113_Bab1&5.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
4118113_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
Text
4118113_Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian lapangan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner pada Mahasiswa FEBI UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan Angkatan 2017-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner secara online. Metode analisis data menggunakan uji instrument pertanyaan melalui uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis jalur (path), uji sobel dan bootstrapping dengan olah data menggunakan SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) lingkungan teman sebaya berpengaruh secara postif dan signifikan terhadap gaya hidup dengan Sig. (0,004< 0,05), nilai B koefisien (0,281), dan nilai thitung > ttabel (2,954 > 1,98). (2) trend fashion berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap gaya hidup dengan Sig. (0,001 < 0,05), nilai B koefisien (0,425), dan nilai thitung > ttabel (3,592 > 1,98). (3) Lingkungan teman sebaya secara positif berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan Sig. (0,004 > 0,05), nilai B koefisien (0,0295), dan nilai thitung > ttabel (2,954 > 1,98). (4) trend fashion berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan Sig. (0,001 < 0,05), nilai B koefisien (4,285), dan nilai thitung > ttabel (3,906 > 1,98). (5) gaya hidup berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan Sig. (0,000 < 0,05), nilai B koefisien (0,682), dan nilai thitung > ttabel (6,528 > 1,98). (6) gaya hidup merupakan variabel intervening atau mediasi antara lingkungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif dengan nilai thitung > ttabel (2,65 > 1,985). (7) gaya hidup merupakan variabel intervening atau mediasi antara trend fashion terhadap perilaku konsumtif dengan nilai thitung < ttabel (2,36 < 1,985).
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan teman sebaya, Trend Fashion, gaya hidup dan perilaku konsumtif. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||
Date Deposited: | 06 Aug 2025 07:26 | ||||||||
Last Modified: | 06 Aug 2025 07:26 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15589 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |