Wulantika, Lisna (2022) Pengaruh Public Relation, Label Halal Dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kripik Tempe Acintia. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.
![]() |
Text
20131215535_Bab1&5.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
20131215535_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Text
20131215535_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) mempunyai peran penting dalam menumbuhkan perekonomian. Saat ini banyak sekali pelaku usaha melakukan trobosan atau inovasi produk. Seperti produk Kripik Tempe Acintia yang berlokasi di Desa Donowangun Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan.Usaha ini masih tergolong baru sehingga memerlukan strategi untuk menarik minat pembeli. Dalam dunia usaha ada banyak tantangan yang harus dihadapi pelaku usaha terutama dalam mencari informasi produk yang diharapkan oleh konsumen. Tujuannya adalah agar konsumen puas terhadap produk yang di beli dan memutuskan untuk loyal terhadap produk yang di tawarkan. Salah satunya dengan peningkatan Public Relation, label halal dan ketersediaan produk agar pembeli semakin tertarik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Maksudnya, penelitian ini menggunakan data-data yang diperoleh dari studi lapangan dengan cara mengamati, mencatat dan mengumpulkan berbagai informasi dan data yang ditemukan di lapangan melalui studi kasus dan survey. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Donowangun Kecamatan Talun Kebupaten Pekalongan. Waktu pelaksanaan penelitian ini adalah Bulan September sampai Oktober 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Rao Purba sehingga di dapatkan sampel sejumlah 100 responden. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Public Relation berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kripik tempe Acintia, 2) Label halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, 3) Ketersediaan produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan 4) Public Relation, label halal dan ketersediaan produk secara bersama-sama atau secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kripik tempe Acintia. Hasil menunjukkan bahwa 67,1% variabel public relation (X1), label halal (X2) dan ketersediaan produk(X3) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 67,1%. Sedangkan sisanya 32,9% dipengaruhi atau dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Public Relation, label halal, ketersediaan produk, keputusan pembelian | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:58 | ||||||||
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:58 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15650 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |