Fatmawati, Dwi (2022) Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Corporate Image Terhadap Loyalitas Penumpang Bus Pariwisata Po 44 Trans Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4118131 - Bab1&5.pdf Download (797kB) |
![]() |
Text
4118131 - Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
4118131 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
Abstract
Loyalitas ialah komitmen pelanggan dalam bertahan untuk membantu perusahaan dalam mewujudkan pembelian ulang terhadap suatu produk ataupun jasa yang dipilih dan dilakukan secara konsisten diwaktu mendatang. Loyalitas konsumen menjadi hal penting bagi perusahaan, karena manfaat dari loyalitas bersifat jangka panjang. Sejak zaman dahulu bisnis memang sudah banyak digandrungi oleh para pelaku usaha, baik mikro maupun makro. Mulai dari bidang penjualan produk hingga bidang pelayanan jasa, tak terkecuali bisnis dibidang pelayanan jasa transportasi, yaitu Bus Pariwisata yang sudah banyak persaingannya. Dari kronologi tersebut loyalitas dapat dipengaruhi oleh persepsi harga, kualitas pelayanan, promosi, dan corporate image. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menguji pengaruh signifikansi persepsi harga, kualitas pelayanan, promosi, dan corporate image terhadap variabel loyalitas penumpang Bus Pariwisata PO 44 Trans Pekalongan baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui kuesioner yang diedarkan secara langsung kepada masyarakat yang menjadi penumpang Bus Pariwisata PO 44 Trans di Pekalongan. Sampel penelitian ini berjumlam 100 responden dengan menggunakan rumus lemeshow untuk menentukannya jumlah sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Analisis regresi dilakukan setelah model tidak mengalami gejala-gejala asumsi klasik seperti normalitas, multikoleninearitas, maupun heterokedastisitas. Hasil pengujian hipotesis uji t menunjukkan nilai t hitung Persepsi Harga (X1) adalah 1,856 dengan t tabel 1,660, t hitung Kualitas Pelayanan (X2) adalah 1,295 dengan t tabel 1,660, t hitung Promosi (X3) adalah 3,289 dengan t tabel 1,660, t hitung Corporate Image (X4) adalah -1,949 dengan t tabel 1,660 . Dari keempat nilai t hitung yang didapatkan menunjukkan bahwa variabel Persepsi Harga dan Promosi memiliki pengaruh secara parsial terhadap Loyalitas Penumpang, sedangkan variabel Kualitas Pelayanan dan Corporate Image tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Penumpang. Kemudian secara simultan persepsi harga, kualitas pelayanan, promosi, dan corporate image memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Penumpang. Hal ini bisa dilihat dari hasil uji F dimana Fhitung sebesar 82,322 dengan tingkat signifikansi 0,000. Sedangkan nilai Ftabel 2,47 dengan tingkat signifikansi 0,05. Karena nilai Fhitung (82,322) lebih besar dari Ftabel (2,47) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,767 atau 76,7%. Kata kunci: Loyalitas Penumpang, Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Corporate Image
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Loyalitas Penumpang, Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Corporate Image | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Qodariyah Siti Nurlaelatul | ||||||||
Date Deposited: | 20 Aug 2025 01:17 | ||||||||
Last Modified: | 20 Aug 2025 01:17 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15699 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |