Luthfiana, Luthfiana (2022) Pengaruh Green Marketing, Labelisasi Halal, Atribut Produk, dan Kualitas Produk, Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Indomilk (Studi Kasus Kecamatan Wonokerto). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4117115 - Bab1&5.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
4117115 - Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
4117115 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Green marketing (pemasaran hijau) adalah pokok yang ramai dibahas di masyarakat saat ini. Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim demi ketentraman dan kenyamanan konsumen pelaku usaha wajib menampilkan labelisasi halal yang sah dikeluarkan oleh pemerintah. Maka dari itu, atribut merupakan sifat-sifat yang menjadi dasar dari sebuah produk yang akan jadi evaluasi konsumen saat akan membeli sebuah produk. Aspek kualitas produk sangat penting dalam suatu produk, biasanya konsumen akan membeli produk yang berkualitas untuk memuaskan kebutuhan dan keinginannya sehingga mampu memunculkan minat konsumen untuk melakukan keputusan pembelian suatu produk. Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) menguji pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian; 2) menguji Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian; 3) menguji Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian; 4) menguji Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini termasuk jenis penelitian field research dengan kuantitatif. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen produk susu Indomilk di Kecamatan Wonokerto. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive dan untuk menentukan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel green marketing tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel atribut produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian variabel green marketing, labelisasi halal, atribut produk, dan kualitas produk secara simultan juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil uji koefisien determinasi (Adjusted R Square) menunjukkan nilai sebesar 0,741 atau 74,1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebesar 74,1% keputusan pembelian ditentukan oleh green marketing, labelisasi halal, atribut produk, dan kualitas produk. Sedangkan sisanya 25,9% dijelaskan di variabel lain yang tidak ada pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Green Marketing, Labelisasi Halal, Atribut Produk, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2025 02:40 | ||||||||
Last Modified: | 25 Aug 2025 02:40 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |