Saputra, Azhiim Bela (2025) Pengembangan LKPD Terintegrasi QR Code Plickers Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tema Daerahku Kebanggaanku di Kelas V SD Negeri 01 Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2321091_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (422kB) |
|
|
Text
2321091_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
19 LAMPIRAN(2).pdf Download (989kB) |
Abstract
ABSTRAK Saputra, Azhiim Bela 2025. “Pengembangan LKPD Terintegrasi QR Code Plickers Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tema Daerahku Kebanggaanku di Kelas V SD Negeri 01 Kajen”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Fatmawati Nur Hasanah, M.Pd. Kata Kunci: LKPD, QR Code Plickers, Minat belajar, Pembelajaran IPAS Pembelajaran tema “Daerahku Kebanggaanku” di SD Negeri 01 Kajen masih didominasi metode konvensional yang membuat peserta didik kurang tertarik dan pasif dalam mengikuti kegiatan belajar. LKPD yang digunakan belum mampu memicu partisipasi aktif maupun minat belajar secara optimal. Hal ini menunjukkan perlunya inovasi media pembelajaran yang lebih interaktif, menarik secara visual, serta mampu menghadirkan umpan balik langsung. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan LKPD terintegrasi QR Code Plickers, (2) mengetahui kelayakan LKPD hasil pengembangan, (3) menganalisis kepraktisan LKPD berdasarkan respon guru dan peserta didik, serta (4) mengukur efektivitas LKPD dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas V SD Negeri 01 Kajen. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian meliputi dua validator (ahli materi dan media), satu guru wali kelas, serta 30 peserta didik kelas V. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, angket respon, kuesioner minat belajar (pretest–posttest), serta uji reliabilitas dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD terintegrasi QR Code Plickers dinyatakan sangat layak dengan skor validasi ahli materi 98,46% dan ahli media 92,86%. Respon guru wali kelas mencapai 100% (kategori sangat baik), sedangkan respon peserta didik 78,53% (kategori praktis). Uji reliabilitas meningkat dari α = 0,646 (kategori cukup) menjadi α = 0,794 (kategori baik). Hasil pretest–posttest menunjukkan peningkatan signifikan, dengan skor rata-rata dari 17,3 menjadi 34,4 dan nilai N-Gain 0,742 (kategori tinggi). Uji Paired Sample t-Test menghasilkan p = 0,000 (<0,05), sehingga media terbukti efektif meningkatkan minat belajar peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | LKPD, QR Code Plickers, Minat belajar, Pembelajaran IPAS | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 03:33 | ||||||||
| Last Modified: | 28 Oct 2025 03:33 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
