Fatkhiyaturrohmah, Fatkhiyaturrohmah (2025) Implementasi Video Animasi Youtube Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Jawa Krama di KB Cepoko Legokclile. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2420055_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (392kB) |
|
|
Text
2420055_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
19 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
Abstract
Bahasa daerah merupakan kekayaan budaya yang perlu dilestarikan, termasuk bahasa Jawa Krama yang sarat nilai kesopanan. Namun, penggunaannya semakin terabaikan karena orang tua lebih sering mengajarkan bahasa Indonesia atau bahasa asing kepada anak-anak. Fenomena ini berdampak pada rendahnya kemampuan anak dalam berbahasa Jawa Krama, termasuk di KB Cepoko Legokclile, di mana anak-anak belum banyak menguasai kosakata bahasa Jawa Krama. Berdasarkan permasalahan ini, penelitian bertujuan untuk mengimplementasikan video animasi YouTube sebagai upaya meningkatkan keterampilan berbahasa Jawa Krama anak usia dini. Penelitian ini dirancang untuk menjawab dua rumusan masalah: (1) Bagaimana implementasi video animasi youtube sebagai upaya meningkatkan keterampilan berbahasa jawa krama di KB Cepoko Legokclile.? (2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung implementasi video animasi youtube sebagai upaya meningkatkan keterampilan berbahasa jawa krama di KB Cepoko Legokclile di KB Cepoko Legokclile.? Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru dan anak didik di KB Cepoko Legokclile. Data dianalisis secara induktif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh gambaran mendalam tentang implementasi media video animasi YouTube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi video animasi YouTube berbahasa Jawa Krama efektif meningkatkan keterampilan berbahasa anak usia 3-4 tahun di KB Cepoko Legokclile. Perencanaan dilakukan secara sistematis dan persiapan alat (laptop, speaker), sementara pelaksanaan pembelajaran berupa pemutaran video dengan pendampingan guru dan diskusi interaktif, serta refleksi dan apresiasi. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam penguasaan kosakata Jawa Krama. Meskipun, terdapat tantangan seperti durasi perhatian anak yang pendek dan minimnya penggunaan bahasa Krama di lingkungan rumah. Keberhasilan ini didukung oleh media visual yang interaktif dan peran aktif guru, namun memerlukan kolaborasi dengan orang tua.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Video animasi, Youtube, Bahasa Jawa krama, anak usia dini | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 06:18 | ||||||||
| Last Modified: | 10 Nov 2025 06:18 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15921 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
