Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk, Promosi, Dan Biaya Administrasi Terhadap Minat Menggunakan Produk BTM Artha Surya Kabupaten Tegal

Risqiawati, Iiq Nahyu (2025) Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk, Promosi, Dan Biaya Administrasi Terhadap Minat Menggunakan Produk BTM Artha Surya Kabupaten Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221070_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4221070_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4221070_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

BTM Artha Surya telah menyediakan berbagai produk pendanaan dan pembiayaan berbasis syariah. Namun, tingkat pemanfaatan oleh masyarakat masih rendah, sehingga terjadi kesenjangan antara ketersediaan produk dengan minat masyarakat dalam menggunakannya. Beberapa faktor yang melatarbelakangi adalah rendahnya pengetahuan masyarakat tentang produk yang tersedia di BTM, kurangnya promosi yang dilakukan oleh BTM serta ketidaksesuaian biaya administrasi. Sementara hasil penelitian sebelumnya menunjukkan temuan yang beragam mengenai pengaruh pengetahuan produk, promosi, dan biaya administrasi terhadap minat masyarakat dalam memanfaatkan produk pembiayaan BTM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk, promosi, dan biaya administrasi terhadap minat menggunakan produk BTM Artha Surya di Kabupaten Tegal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 98 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara persial dan simultan variabel pengetahuan produk, promosi, dan biaya administrasi berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam menggunakan produk BTM Artha Surya. Nilai Koefisien Determinasi (R2) yang dihasilkan dari uji regresi linear sebesar 0,862. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependennya sebesar 86,2%, dan sisanya 13,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata kunci: Pengetahuan Produk, Promosi, Biaya Administrasi dan Minat Masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsfandiar, Ali AminUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Produk, Promosi, Biaya Administrasi dan Minat Masyarakat.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 06 Nov 2025 02:21
Last Modified: 06 Nov 2025 02:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15932

Actions (login required)

View Item View Item