FAIZA, AHADEATUL (2025) Efektivitas Pemanfaatan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas V Mata Pelajaran Ipas MI Salafiyah Pucung Tirto. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_AHADEA FAIZA.pdf Download (6MB) |
|
|
Text
FULL TEXT AHADEA FAIZA.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
|
|
Text
LAMPIRAN_AHADEA FAIZA.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Motivasi belajar memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Penggunaan metode konvensional dapat menyebabkan penurunan motivasi belajar, membuat peserta didik menjadi pasif, mengurangi minat, dan menghambat kemampuan peserta didik untuk fokus pada pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan media belajar yang menarik. Wordwall adalah salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mendukung hal tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana efektivitas media wordwall dalam meningkatkan motivasi belajar kelas V mata pelajaran IPAS MI Salafiyah Pucung Tirto? (2) Bagaimana perbedaan motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media wordwall pada kelas V mata pelajaran IPAS MI Salafiyah Pucung Tirto?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas media wordwall dalam meningkatkan motivasi belajar kelas V mata pelajaran IPAS MI Salafiyah Pucung Tirto dan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media wordwall pada kelas V mata pelajaran IPAS MI Salafiyah Pucung Tirto. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperiment khususnya bentuk nonequivalent control group design. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas V-A sebagai kelas kontrol dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen, dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan observasi. Data hasil pre-test dan post-test dianalisis melalui uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol, berdasarkan hasil analisis dari post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai sig. 2-tailed 0,044 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Hₒ ditolak. (2) Terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan pada kelas eksperimen antara sebelum dengan sesudah menggunakan media Wordwall, dengan hasil analisis sig 2-tailed 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Hₒ ditolak. Dengan demikian, media wordwall efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPAS di MI Salafiyah Pucung Tirto.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Media Wordwall, Motivasi Belajar, Pelajaran IPAS | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 02:14 | ||||||||
| Last Modified: | 11 Nov 2025 02:14 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16112 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
