Salsabila, Amanda (2025) Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Kelas Viii Di Smp Nu Pajomblangan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
20622008_Cover_ Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
20622008_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text
20622008_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Kelas VIII Di SMP NU Pajomblangan”. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Penelitian dilatarbelakangi adanya temuan hasil kemampuan pemecahan masalah siswa yang tidak sama pada siswa kelas 8 SMP NU Pajomblangan. Penyebabnya ialah siswa kurang memperhatikan dan kadang tidur di dalam kelas saat guru sedang menjelaskan materi. Maka, disusunlah penelitian mengenai “Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII di SMP NU Pajomblangan”. Rumusan masalah yang diangkat adalah apakah motivasi berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah, apakah disiplin berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah, serta motivasi dan disiplin berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMP NU pajomblangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh setiap variabel bebas terhadap kemampuan pemecahan masalah, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, dan sebagai bahan referensi bagi guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dan ex post facto. Pengumpulan data menggunakan metode skala psikologi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil uji regresi linear sederhana variabel motivasi siswa berpengaruh terhadap variabel terikat kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 30,9%. Hasil uji regresi linear sederhana variabel disiplin siswa berpengaruh terhadap variabel terikat kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 26,9%. Hasil uji regresi linear berganda variabel motivasi dan disiplin berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 80,1% serta sebesar 19,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Disiplin, Kemampuan pemecahan masalah | ||||||||
| Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 06:33 | ||||||||
| Last Modified: | 11 Nov 2025 06:33 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16140 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
