Pengaruh Digital Distraction Terhadap Konsentrasi Belajar Dan Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Peluang Siswa Kelas Viii Smpn 1 Kedungwuni

Fajriyah, Hidayatul (2025) Pengaruh Digital Distraction Terhadap Konsentrasi Belajar Dan Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Peluang Siswa Kelas Viii Smpn 1 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
20622003_Cover_Bab UI dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20622003_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
20622003_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat telah melahirkan inovasi terbaru, salah satunya adalah gadget. Penggunaan gadget dalam pembelajaran memberikan banyak keuntungan, Salah satunya adalah peningkatan interakvitas dan memudahkan untuk memahami materi dengan beragam fitur yang disajikan. Namun, ada pula tantangan yang muncul akibat dari penggunaan gadget yakni adanya gangguan yang dapat mengalihkan perhatian siswa seperti gangguan dari notifikasi, media sosial dan game online yang sedang marak saat ini. Hal ini yang menyebabkan siswa merasa kesulitan untuk berkonsentrasi saat belajar sehingga dapat mengganggu efektivitas belajar terutama dalam memahami konsep matematika. Berdasarkan permasalahan ini, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh dari gangguan digital atau digital distraction terhadap konsentrasi belajar siswa dan kemampuan pemahaman matematis siswa serta seberapa besar pengaruhnya terhadap dua variabel tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dan ex post facto. Sampel penelitian terdiri dari 90 siswa yang diambil secara simple random sampling dengan teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang dipakai dalam menguji hipotesis penelitian terdiri dari analis MANOVA dengan beberapa uji asumsi klasik yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari digital distraction terhadap konsentrasi belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Kedungwuni sebesar 22% sementara sisanya 78% dipengaruhi oleh faktor lain. Namun, hasil penelitian digital distraction terhadap kemampuan pemahaman matematis menunjukkan tidak adanya pengaruh karena hanya 1,1% besar pengaruhnya, sementara 98,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Sementara itu hasil penelitian digital distraction terhadap konsentrasi belajar dan kemampuan pemahaman matematis menunjukkan adanya pengaruh secara simultan dengan besar pengaruh 11,6% sedangkan sisanya 88,4% dipengaruhi variabel lain. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa digital distraction berpengaruh besar terdapat konsentrasi belajar siswa, namun tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dan rendahnya konsentrasi belajar berpengaruh secara signifikan dalam proses pemahaman matematis siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetyawan, M.Psi., M. Adin199209112019031014UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Digital Distraction, Konsentrasi Belajar, Kemampuan Pemahaman Matematis.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Nov 2025 06:31
Last Modified: 11 Nov 2025 06:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16149

Actions (login required)

View Item View Item