Jannah, Azzukhrufia (2025) Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Model Talking Stick Dalam Mendorong Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Rupa Kelas 1A MI Salafiyah Manbaul Huda Gumawang Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2321128_Bab I dan Bab V.pdf Download (739kB) |
|
|
Text
2321128_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2321128_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) |
Abstract
Keaktifan belajar siswa merupakan salah satu indikator penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Keaktifan tidak hanya tercermin dari kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan, tetapi juga dari keberanian mengemukakan pendapat, bertanya, dan berpartisipasi dalam kegiatan belajar. Namun, berdasarkan pengamatan awal di kelas 1A MI Salafiyah Manba’ul Huda Gumawang, terlihat bahwa sebagian besar siswa masih menunjukkan keaktifan yang rendah, khususnya pada mata pelajaran Seni Rupa. Banyak siswa yang cenderung pasif, kurang percaya diri, dan belum terbiasa untuk berbicara di depan kelas. Kondisi ini menuntut guru untuk menggunakan metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan agar siswa dapat lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode Talking Stick dapat mendorong keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Seni Rupa di kelas 1A MI Salafiyah Manba’ul Huda Gumawang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi metode Talking Stick serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapannya terhadap keaktifan belajar siswa. Metode Talking Stick dipilih karena melibatkan unsur permainan dan interaksi sosial yang sesuai dengan karakteristik anak usia sekolah dasar, di mana siswa belajar lebih efektif melalui kegiatan yang bersifat aktif, konkret, dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung untuk mengamati perilaku siswa ketika metode Talking Stick diterapkan. Wawancara dilakukan dengan guru kelas dan beberapa siswa untuk memperoleh informasi mendalam tentang pengalaman belajar mereka. Sementara itu, dokumentasi digunakan sebagai bukti pendukung berupa foto kegiatan dan perangkat pembelajaran. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik agar hasil penelitian dapat dipertanggungjawabkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Talking Stick di kelas 1A MI Salafiyah Manba’ul Huda Gumawang dapat mendorong peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Seni Rupa. Siswa tampak lebih antusias, berani berbicara, aktif dalam menjawab pertanyaan, serta menunjukkan rasa percaya diri ketika tampil di depan teman-teman. Guru juga lebih mudah mengelola kelas karena suasana belajar menjadi menyenangkan dan tidak monoton. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan waktu dan rasa gugup pada sebagian siswa, guru mampu mengatasinya dengan strategi pengelompokan dan pemberian motivasi. Dengan demikian, metode Talking Stick dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran aktif yang mampu menciptakan suasana kelas yang interaktif dan mendukung pengembangan keaktifan belajar siswa di tingkat sekolah dasar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Keaktifan belajar, Talking Stick, Seni Rupa, siswa SD | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 05:08 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 05:08 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16175 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
