Pengaruh Promosi, Kepercayaan (Trust), Literasi Keuangan Syariah, Kepatuhan Syariah Dan Religiositas Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Tabungan Di KSPPS BMT An-Najah Kc Warungasem

SAVITRI, SEPTYA WULAN (2025) Pengaruh Promosi, Kepercayaan (Trust), Literasi Keuangan Syariah, Kepatuhan Syariah Dan Religiositas Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Tabungan Di KSPPS BMT An-Najah Kc Warungasem. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221006_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4221006_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
4221006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Seiring pertumbuhan ekonomi, peran lembaga keuangan syariah (LKS) semakin penting sebagai penghubung antara pihak yang memiliki surplus dana dengan masyarakat yang membutuhkan modal. Salah satunya adalah Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil (KSPPS BMT), yang tidak hanya beroperasi dengan prinsip syariah, tetapi juga berperan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. KSPPS BMT An-Najah Kantor Cabang Warungasem menjadi fokus penelitian ini karena kontribusinya dalam memberikan akses keuangan berbasis syariah, salah satunya dalam bentuk tabungan. Sebelum memutuskan untuk menjadi anggota tabungan, para calon anggota biasanya melalui serangkaian proses pengambilan keputusan secara matang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh promosi, kepercayaan (trust), literasi keuangan syariah, kepatuhan syariah, dan religiositas, baik secara parsial maupun simultan, terhadap keputusan menjadi anggota tabungan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan sampel sejumlah 96 responden. Subjek dalam penelitian ini adalah anggota tabungan dan penelitian dilakukan di KSPPS BMT An-Najah Kantor Cabang Warungasem. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan alat SPSS for windows versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan religiositas tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan menjadi anggota tabungan. Sedangkan kepercayaan (trust), literasi keuangan syariah, dan kepatuhan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota tabungan di KSPPS BMT An-Najah Kantor Cabang Warungasem. Kemudian dilihat secara simultan, promosi, kepercayaan (trust), literasi keuangan syariah, kepatuhan syariah, dan religiositas berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi anggota tabungan di KSPPS BMT An-Najah Kantor Cabang Warungasem. Hasil koefisien determinasi menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 62,9% yang berarti bahwa variabel promosi, kepercayaan (trust), literasi keuangan syariah, kepatuhan syariah, dan religiositas mampu mempengaruhi keputusan menjadi anggota sebesar 62,9%, sedangkan 37,1% sisanya dpengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArwani, Agus197608072014121002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Promosi, Kepercayaan (Trust), Literasi Keuangan Syariah, Kepatuhan Syariah, Religiositas, Keputusan Menjadi Anggota
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 12 Nov 2025 04:25
Last Modified: 12 Nov 2025 04:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16182

Actions (login required)

View Item View Item